Ditulis pada tanggal 20 September 2015, oleh ari.irawan, pada kategori Kegiatan LKI

“We have always been shameless about stealing great ideas”- Steve Jobs. Terkadang ide yang kita miliki hanya sekedar dimainkan dalam imajinasi tanpa adanya usaha merealisasikan ide tersebut. Disini, Laboratorium Entrepreneur dan Inovasi  memberikan kesempatan kehususnya kepada mahasiswa FIA untuk mengkuti kompetisi ide bisnis periode pertama yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September yang bertema “ Idea Competition”.  Idea Competition ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan stimulus mahasiswa supaya dapat merakit ide bisnis nya dengan strategi Business Model Canvas. Setelah melalui beberapa tahap penyaringan, maka dipilih 10 ideas ke babak final. Dan pada hari Sabtu tanggal 19 September 2015 ,  10 ideas terbaik mempresentasikan ide mereka didalam sebuah canvas , melalui proses penilaian dari pada Juri yang terdiri dari Ketua EI Lab yaitu Bapak Brillyanes Sanawiri SAB. MBA kemudian sekretaris EI Lab Bapak Ari Irawan SE. MM dan Bapak Rizal Alfisyahr .

Dari proses seleksi penilaian terakhir maka terdapat 3 pemenang terbaik, yaitu juara pertama diraih oleh AICYO , runner up diraih oleh One Day Service dan 2nd runner up didapatkan oleh Dika team. Ketiga pemenang ini mendapatkan golden tiket untuk mengikuti “Entrepreneur Camp” dimana mereka masuk dalam incubator dan ide ide brilliant mereka diolah didalam program ini untuk mempersiapkan ESPRIEX Business Model Canvas ASEAN Competition 2016. Berikut ini ketiga pemenang Idea Competition 1.1 2015

  AICYO TEAM

icyo

AIOCY ini memiliki idea tentang bagaimana memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi lebih manfaat, dan solusi nya mereka membuat prototype alat daur ulang / recycle plastic yang dapat dihancurkan kemudian berubah bentuk menjadi benang yang dapat dimanfaatkan kedepan nya.

ONE DAY SERVICE

nm

Peluang awal pertama kali yang mereka lihat adalah masyarakat Indonesia yang semakin produktif dan memiliki mobilitas tinggi, sehingga terkadang tidak memliki waktu untuk membersihkan dan merawat  perabot rumah. Disini solusi yang diberikan ODS yaitu membuat jasa service dengan system yang terintegrasi , high quality service dan terpercaya, sehingga menjadi solusi yang baik bagi masyarakat tentunya.

Near Me

ods

Selanjutnya 2nd Runner Up, terdapat team yang mempresentasikan ide nya tentang aplikasi City Map. Yang didalam nya menyediakan tour guide disuluruh kota di Indonesia dengan dilengkapi rekomendasi tempat rekreasi, penginapan , dan kuliner. Hal ini dapat menjadi salah satu pendukung program pemerintah di bidang pariwisata yaitu “Visit Indonesia” sehingga seluruh kota di Indonesia dapat lebih mengeksprolasi keragaman budaya dan keunggulan pariwisata.

Harapan dari ketua pelaksana Idea Competition yaitu Aldo Wildani, semoga para pemenang Idea Competition dapat memberikan pengaruh positif serta memotivasi mahasiswa lain nya supaya ide ide brillian para generasi muda sekarang dapat dihargai dan disalurkan pada wadah yang tepat sehingga merangsang mereka untuk mengembangkan ide yang kreatif dan inovatif.