Ditulis pada tanggal 26 May 2015, oleh ari.irawan, pada kategori Kabar LKI

Pada 18 Mei 2015 Laboratorium Kewirausahaan dan Inovasi (LKI) untuk pertama kalinya mengadakan acara Business Model Canvas Class, kelas BMC ini turut mengundang kurang lebih 25 mitra, baik yang terdiri dari kelompok maupun individu, untuk memperdalam 9 building blocks yang ada didalam teori BMC.Acara di jadwalkan selama 2 hari yaitu Senin 18 Mei 2015 danSelasa 1 Mei 2015. Kelas BMC perdana ini salah satu project dari divisi Life Style dan Amanda Winona bertindak sebagai Speaker di hari pertama. Sebelum masuk pada materi inti, mereka disuguhkan dengan beberapa Video introduction tentang BMC. Kemudian Mitra diberi kesempatan untuk menyusun strategi bisnis dari 9 point penting yang ada di BMC yaitu Value Proporsition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities, Key Partner, Cost Structur, dan Customer Segment.

Setelah itu, mereka juga diberi paper untuk menganalisa konsep bisnis mereka kekurangan dan kelebihan serta solusi yang dikupas satu persatu secara detail. Di akhir acara, masing masing Mitra mempresentasikan Business Model mereka dengan ide ide unik penuh inovasi dan kreativitas. Pak Brillyanes sebagai ketua Laboratorium Kewirausahaan dan Inovasi (LKI) juga memberikan argument nya dan penjelasan mengenai Perkembangan Business Model Canvas yang di gunakan di MNCs

 

hgh Untitled fd

Di hari kedua pun acara berjalan dengan lancar. Pada hari selasa tanggal 19 Mei 2015 Business Model Canvas Coaching sesi 2 berjalan dengan lancar. Acara dimulai jam 19:00 diawali oleh sambutan ketua koordinasi pengurus harian Laboraturium Kewirausahaan Dan Inovasi, SatrioTegarSadewo. Lalu dilanjutkan dengan coaching oleh fasilitator Hendy Carol dari divisi Start Up LKI. Audience di edukasi tentang bagaimana mencari nilai dan ide dalam business model. Materi diperjelas dengan penampilan video BMC Alex Osterwalder.

Setelah materi selesai mitra mempraktikan membuat bisnis model kanvas didalam secarik kertas. Yang dibimbing oleh para pengurus harian LKI.Setelah selesai beberapa mitra maju untuk mempresentasikan hasil business model canvas mereka.Salah satunya bernama Nurul yang menampilkan BMC dengan bisnis food fotografinya. Acara selesai sekitar pukul 20:30.

Tujuan utama BMC class ini, sebagai pengembangan Mitra binaan di lab kami dan kelas ini akan berlanjut pada level level berikutnya sampai pada tahap untuk bisnis Advance. BMC class ini sebagai pembekalan bagi para Mitra yang sedang mempersiapkan lomba EXPRIEX 2016. Sehingga mereka dapat jauh lebih memiliki persiapan yang matang.

efgg gh fw fg