Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

7 mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi ikuti Student Volunteer ULPA FIA UB

Haloo good people, gimana kabarnya? Fmrc/ULPA mau kenalin volunteer untuk bulan ini nih?

Setiap dua bulan sekali, FMRC atau ULPA membuka pendaftaran volunteer dari kalangan mahasiswa FIA UB, khususnya yang berasal dari Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi. Para mahasiswa ini nantinya akan berproses, berkolaborasi dan saling menempa bakat di FMRC. Kita bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan bukan semata berbagai sertifikat kegiatan di FMRC. Pengetahuan yang tentu sangat berhubungan erat di bidang kepustakawanan dan aplikasi manajemen pengetahuan.

Program volunteer pada bulan Mei 2018 diikuti oleh 7 mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi, yang terdiri dari 6 perempuan dan 1 laki-laki. Mahasiswa yang mengikuti volunteer ini ditempatkan sesuai deskripsi tugas dan minatnya ketika pemberkasan, wawancara hingga proses awal lapangan.

Berikut ini nama-nama mahasiswa yang tergabung Program Volunteer FMRC atau ULPA FIA UB periode 1 Mei – 30 Juni 2018:

1. Ahmad Zai’m Syaifulloh (2016) Sistem Informasi
2. ‎Dita Tararanita (2016) Media dan Kehumasan
3. ‎Evy Riyannorjannah (2016) Kemas Ulang Informasi
4. ‎Khansa Yadya Galuh A. (2016) Pengembangan Literasi
5. ‎Kamelia Saputri (2016) Layanan Referensi
6. ‎Mawaddah Chika Dea K. (2016) Pengembangan Literasi
7. Rusdini Suci Agustina (2016) Pengolahan Koleksi

Deskripsi tugas volunteer yaitu pertama tugas di bagian layanan pengguna meliputi publikasi serta kehumasan, layanan referensi, dan penelusuran informasi. Sedangkan di bagian layanan teknis meliputi analisis subjek, klasifikasi, katalogisasi (pengolahan koleksi), dan kemas ulang informasi, sementara sistem informasi meliputi otomasi dan pengembangan repositori intitusi menggunakan Dspace yang masih dalam tahap pengembangan.

Penempatan bidang yang dilakukan ini berlangsung selama satu bulan, apabila ingin beralih pada bidang lain, dapat dilakukan pada bulan kedua. Hal ini bertujuan agar masing-masing volunteer mampu mempunyai fokus dan keahlian terampil dibagian yang ditelah ditentukan.

Satu setengah bulan para volunteer ini telah menjadi bagian dari FMRC. Berbagai pengalaman dan pengetahuan telah diperoleh.

Foto Fmrc Fia UB.
Search