Departemen Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Mendapatkan Akreditasi Internasional Bergengsi Pertama di Indonesia

Bagikan Ke:

Setelah tiga tahun penuh dedikasi, Departemen Administrasi Bisnis berhasil membuat sejarah dengan memperoleh status bergengsi, yaitu International Accreditation Council for Business Education (IACBE). Departemen Administrasi Bisnis menjadi lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi IACBE. Pencapaian signifikan ini mencerminkan komitmen kuat departemen terhadap keunggulan dan menginspirasi civitas akademika Indonesia. IACBE sendiri didirikan pada tahun 1997 dan diakui oleh Dewan Akreditasi Pendidikan Tinggi atau the Council for Higher Education Accreditation (CHEA). Institusi akreditasi yang terkenal dengan penilaiannya yang ketat dan berbasis hasil, memastikan bahwa program mematuhi standar internasional yang tinggi dan secara efektif mempersiapkan siswa untuk dunia bisnis global.

Dipimpin oleh Dr. Nur Imamah, PhD, dan Agung Fahrudi, PhD, dedikasi tim sangat penting untuk memperoleh akreditasi, yang berlaku mulai 7 Desember 2023 hingga 31 Desember 2030. Hal ini membuktikan keunggulan program di departemen administrasi bisnis baik dalam bidang akademik maupun praktik. Akreditasi ini mencakup berbagai program, meliputi program Doktor Ilmu Administrasi minat administrasi bisnis, program Magister Administrasi Bisnis, serta tiga program Sarjana, yaitu Administrasi Bisnis, Perpajakan, dan Pariwisata. Hal ini menunjukkan bahwa departemen berusaha memastikan membangun semua program yang dinaungi secara bersama-sama.

Nur Imamah, PhD, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian signifikan ini, “Akreditasi ini bukan sekedar tonggak sejarah bagi Departemen Administrasi Bisnis namun merupakan lompatan maju bagi seluruh sistem pendidikan tinggi Indonesia dalam bidang bisnis dan administrasi. Hal ini menggarisbawahi komitmen kami untuk membekali siswa kami dengan kurikulum yang memenuhi standar internasional tertinggi dan membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan bisnis global.”

Agung Fahrudi, PhD, yang memainkan peran penting dalam mencapai pengakuan ini, menambahkan, “Dedikasi tim kami untuk menyelaraskan penawaran akademis kami dengan standar ketat IACBE telah berperan penting dalam mencapai tujuan ini. Kami sekarang menjadi bagian dari kelompok elit internasional institusi terakreditasi, yang menempatkan lulusan kami secara menguntungkan di pasar kerja global.”

IACBE memiliki penilaian dasar pada sistem akreditasinya pada beberapa kriteria, meliputi kualitas akademik, kualifikasi fakultas, penyediaan layanan mahasiswa, dan tingkat keberhasilan. Pencapaian Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya dalam memenuhi standar tersebut jelas menunjukkan kualitasnya sebagai sebuah institusi pendidikan.

Mahasiswa dan alumni kini dapat berbangga dengan menyandang gelar dari institusi yang diakui secara internasional, membuka pintu peluang global, dan mengukuhkan status sekolah sebagai pemimpin dalam pendidikan bisnis.

Seluruh komunitas Departemen Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya sangat menantikan perayaan pencapaian luar biasa ini pada Konferensi Tahunan IACBE mendatang. Adapaun pergelaran pengumuman pencapaian dalam meraih akreditasi ini akan diterima pada Konferensi Tahunan dan Pertemuan Majelis IACBE 2024, pertemuan ini direncanakan diselenggarakan di Memphis, Tennessee, pada tanggal 2-4 April 2024.

Sembari merayakan tonggak sejarah yang luar biasa ini, Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi sudah mulai merencankan Langkah berkelanjutan selanjutnya. Departemen Administrasi Bisnis berkomitmen untuk memanfaatkan pengakuan internasional ini untuk meningkatkan program akademik, membina kemitraan global, dan terus memberikan siswa peluang yang tak luas dalam dunia pendidikan bisnis.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya