Struktur Mata Kuliah (S1) Pariwisata - Semester 3
Bagikan ke:
Struktur Mata Kuliah
Mata kuliah Praktikum Kepariwisataan pada Program Studi Pariwisata dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman praktis dalam industri pariwisata. Kursus ini memungkinkan mahasiswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di kelas dalam situasi dunia nyata, baik itu di hotel, agen perjalanan, atraksi wisata, atau organisasi terkait pariwisata lainnya. Tujuan utama kursus ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang operasi sehari-hari dan tantangan dalam industri pariwisata, mengembangkan keterampilan praktis dan profesional mereka, dan mempersiapkan mereka untuk karir di bidang pariwisata.
Manajemen pendapatan merupakan alat analisis yang digunakan oleh manajer perusahaan untuk menjaga kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Analisis dalam manajemen pendapatan sangat penting diaplikasikan dalam industri perhotelan dan industri pariwisata karena karakteristik siklus bisnis yang melekat pada kedua industri ini, karena kedua industri tersebut sangat tergantung pada jumlah pelanggannya. Manajemen pendapatan menyediakan berbagai alat analisis untuk pengambilan keputusan penetapan harga produk atau jasa secara efektif baik untuk kondisi permintaan tinggi maupun untuk kondisi permintaan rendah, sehingga hal ini membantu manajer perusahaan untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan.
Mata kuliah Manajemen Komplain dan Kualitas Layanan pada Program Studi Pariwisata membahas strategi dan teknik untuk mengelola keluhan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan dalam konteks pariwisata. Kursus ini mempelajari pentingnya penanganan komplain secara efektif sebagai bagian dari manajemen hubungan pelanggan dan bagaimana komplain dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan layanan. Mahasiswa juga akan belajar tentang standar layanan, pengukuran dan penilaian kualitas layanan, dan strategi untuk mencapai kepuasan pelanggan. Tujuannya adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola dan merespon komplain serta meningkatkan kualitas layanan dalam industri pariwisata.
Mata kuliah geografi pariwisata merupakan matakuliah wajib di program studi pariwisata sebagai tujuan agar mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan, mengembangkan daya nalar, dan kreativitas mahasiswa diharapkan mempunyai ketrampilan menata dan pengembangan ruang secara lebih efektif, sesuai dengan potensi dan daya dukungnya, dengan tetap berpartisipasi masyarakat secara optimal dan tuntutan segmentasi pasar tertentu.
Mata kuliah ini membahas mengenai dasar-dasar dunia perhotelan dengan pendalaman materi pada tiap departemen hotel dan resort. Materi pendalaman departemen hotel dan resort terdiri dari materi front office, housekeeping, food and beverage, accounting, human resource, sales marketing.
Strategi Bisnis Pariwisata merupakan mata kuliah pada Program Studi Pariwisata Yang didesain untuk menganalisis fenomena persaingan pada industri pariwisata baik analisis terhadap perusahaan-perusahaan yang bersaing dalam industri pariwisata yang sifatnya multi industri. Mata kuliah ini juga mendiskusikan tentang aplikasi konsep strategi bagi pengembangan dan daya saing sebuah destinasi.
Mata Kuliah ini mempelajari dasar-dasar manajamen sumber daya manusia dalam organisasi yaitu perencanaan kebutuhan SDM, rekruitmen dan seleksi, penilaian kinerja, pelatihan dan pengembangan, fungsi pemeliharaan SDM, konsep keselamatan dan kesehatan kerja, konsep hubungan industrial dan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam bidang pariwisata.
Pariwisata merupakan hal yang saat ini menjadi tumpuan perekonomian Indonesia. Pemahaman mengenai teori psikologi menjadi unsur yang akan membantu terbentuknya pariwisata Indonesia yang tangguh. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk menjelaskan pentingnya penerapan pengetahuan psikologis dan sosiologis dalam praktik pariwisata. Terutama, pemahaman tentang motivasi klien untuk mengunjungi tujuan tertentu, menggunakan layanan yang tersedia, kebutuhan dan kepuasan klien. Dalam mata kuliah ini akan dibahas hubungan antara tingkat individu dari kebutuhan manusia (menggunakan hierarki kebutuhan Maslow atau teori motivasi yang lain). Mata kuliah ini juga akan memberikan informasi praktis kepada pelaku industry pariwisata, sehingga dapat diambil sebuah keputusan yang tepat. Mata kuliah Psikologi Pariwisata ini akan menyentuh sisi wisatawan (konsumen) dan juga pelaku industry (produsen).