Struktur Mata kuliah Program Doktor Ilmu Administrasi - Semester 2

Bagikan ke:

Struktur Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pentingnya berpikir dan bertindak strategis dalam menjalankan bisnis, yang meliputi konsep dan ruang lingkup strategi dan kebijakan agribisnis, proses perumusan strategi yang diawali dengan proses identifikasi isu-isu strategis pada lingkungan eksternal (lingkungan makro dan lingkungan persaingan industri) serta lingkungan internal perusahaan, berbagai bentuk pilihan strategi, analisis perumusan alternatif strategi dan proses evaluasi alternatif strategi.

Mempelajari fenomena perilaku manusia dalam interaksinya dalam konteks lingkungan kerja merupakan inti dari mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis berdasarkan hal-hal seperti motivasi, komunikasi interpersonal, kerjasama tim, kepemimpinan, komitmen organisasi, analisis pekerjaan, penyusunan job description, manajemen stres hingga berbagai strategi untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan kehidupan kerja. Hal ini diaplikasikan antara lain dalam presentasi dan penyusunan makalah dalam bentuk tugas individu maupun kelompok yang disusun dengan mengambil data lapangan.

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari teori pemasaran yang berkaitan dengan isu-isu kontemporer. Penekanan diberikan pada penyediaan pengetahuan mendalam tentang topik-topik utama dan mahasiswa diharapkan dapat mengevaluasi secara kritis isu-isu pemasaran kontemporer di lapangan. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan gambaran umum tentang pengetahuan terkini di bidang strategi, manajemen pemasaran dan perilaku konsumen. Mata kuliah ini juga diarahkan pada kemampuan untuk mengidentifikasi, mengulas, mengevaluasi, dan mengkritisi berbagai topik dalam strategi dan manajemen pemasaran.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dasar tata kelola teknologi informasi dan pengendalian internal yang perlu diperhatikan dalam tata kelola teknologi informasi. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya keselarasan antara tujuan penerapan teknologi informasi dengan tujuan organisasi dan menilai risiko yang terjadi dalam pengelolaan teknologi informasi. Kerangka kerja standar yang biasa digunakan para ahli juga penting untuk dipelajari oleh mahasiswa, yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan teknologi informasi dan untuk referensi penelitian di bidang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Sistem Informasi serta penggunaannya.

Ada beberapa kebijakan manajemen keuangan: kebijakan pendanaan, kebijakan investasi, dan kebijakan dividen. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah memaksimalkan kesejahteraan perusahaan, sehingga fokus utama dari Teori dan Pengambilan Keputusan Keuangan adalah bagaimana mempelajari, menciptakan, meningkatkan dan mempertahankan nilai perusahaan.