Layanan kepada Mahasiswa

Tabel  Pelayanan Kepada Mahasiswa PS Perpajakan

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1)

(2)

(3)

1

Bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling kepada mahasiswa menjadi tugas dan tanggung jawab dosen pembimbing akademik (PA). Pembimbingan dilakukan pada saat
  1. Setiap awal semester ketika mahasiswa akan memprogram mata kuliah dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Dengan adanya arahan dari dosen PA, maka mahasiswa dapat mengambil mata kuliah sesuai dengan alur kurikulum dan kemampuan mahasiswa masing-masing. Dengan demikian mahasiswa dapat memprogram agar kuliah dapat diselesaikan maksimal 4 tahun.
  2. Selain itu, pembimbingan juga dilakukan pada saat mahasiswa melakukan program magang/KKN.
  3. Sedangkan konseling bisa dilakukan sewaktu-waktu (tidak terjadwal), yakni ketika mahasiswa sedang menghadapi permasalahan tidak hanya berkaitan akademik, tapi juga mengenai kegiatan ekstrakurikuler, masalah sumber pembiayaan kuliah, keluarga dan lain-lain.

2

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Minat dan bakat mahasiswa mendapat perhatian khusus dari pihak fakultas dengan adanya daya dukung legalitas dan pembiayaan bagi LOF (Lembaga Otonom Fakultas). Dengan adanya LOF ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan keterampilan yang dimiliki.Adapun LOF yang ada di FIA adalah sebagai berikut:

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) adalah forum tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Pelaksana harian dipegang oleh 3 (tiga) orang mahasiswa selaku presidium yang dipilih, presidium yang dipilih oleh mahasiswa dalam forum MPM. Bertugas merumuskan garis-garis besar haluan kerja organisasi (GBHKO) bagi badan eksekutif mahasiswa (BEM)
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga tinggi eksekutif dalam kehidupan kemahasiswaan di tingkat fakultas. Kctua umum disebut Presiden dipilih oleh mahasiswa fakultas melalui pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas. Berkewajiban melaksanakan GHBKO yang telah ditetapkan oleh MPM sebagai haluan kerja organisasi selama 1 (Satu) tahun kepengurusan.
  3. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) adalah lembaga tinggi Legislatif dalam kehidupan mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Anggotanya sebanyak 9 (Sembilan) orang, yang dipilih melalui Pemilwa Fakultas. Berkewajiban merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan kelembagaan Fakultas Ilmu Administrasi bersama-sama dengan BEM.
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), HMJ Administrasi Bisnis yang disebut HIMABIS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis), adalah lembaga eksekutif dalam kehidupan mahasiswa ditingkat jurusan / program. Pengurus dipilih melalui Pemilwa Jurusan.
  5. Himpunan Mahasiswa Prodi Perpajakan (HMP) yang baru saja terbentuk pada April 2013 merupakan lembaga mahasiswa yang mengorganisir, menggerakkan serta  menjadi tempat menampung aspirasi mahasiswa program studi Perpajakan untuk disampaikan kepada pihak yang berwenang.
  6. Lembaga Otonomi Fakultas (LOF) adalah unsur pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat fakultas. Bergerak dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat. Terdapat 6 (Enam) LOF, yang terdiri dari :
    1. RSC (Research Study Club) pengembangan minat dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah
    2. DIANNS, sebagai lembaga pers kampus yang bergerak dalam pengembangan minat dan bakat bidang jurnalistik
    3. FORKIM (Forum Kajian Islam dan Masyarakat), pengembangan dalam bidang kereligiusan agama islam
    4. AEC (Administration English Club), mengasah kemampuan berbahasa inggris
    5. AMC (Administration Music Club), minat bakat bidang seni music
    6. PSM (Paduan Suara Mahasiswa), Minat bakat bidang tarik suara
    7. MAFIOSO (Master Figh in Organization of Sport), Minat bakat bidang olah raga
    8. SEC (Student Entrepreneur Centre), Lembaga yang menangani bakat dan kreativitas mahasiswa dalam dunia wirausaha

3

Pembinaan soft skills

Untuk memperluas wawasan dan keterampilan mahasiswa khususnya dalam dunia perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi juga mengadakan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengadakan Tax Center dengan tujuan mensosialisasikan tentang pembayaran pajak bagi Wajib Pajak dari civitas akademika Fakultas Ilmu Administrasi serta pendampingan pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) untuk kemudian disetor kepada Tax Center yang nantinya akan disetor pada DJP Kota Malang. Adapun petugas yang mengoperasikan Tax Center adalah mahasiswa Program Studi Perpajakan. Dengan demikan,softsklill mereka akan terpupuk berupa rasa tanggung jawab, kepemimpinan, kerja sama dan lain sebagainya.

4

Beasiswa

Beasiswa diadakan dengan tujuan semua masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama mengenyam pendidikan tinggi. Fakultas Ilmu Administrasi yang disokong Universitas Brawijaya juga memberikan fasilitas beasiswa yang seluas-luasnya baik beasiswa dari Universitas Brawijaya ataupun dari lembaga atau institusi lain. Informasi beasiswa tersebut dapat dipereloh melalui situs http://beasiswa.ub.ac.id Instansi dan lembaga¬lembaga tersebut selain memberikan bantuan dana kuliah, juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah softskill penerima beasiswa seperti kegiatan outbond, pentas bakat dan lain-lain.Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya bertujuan untuk :

  1. Pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa yang berprestasi dan kurang berprestasi, namun secara ekonomis tidak atau kurang mampu secara ekonomi.
  2. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa sehingga mampu tetap berprestasi dan bergairah dalam menyelesaikan studi.
  3. Mendorong mahasiswa berpacu mencapai prestasi akademik yang tertinggi sehingga sumberdaya manusia yang potensial tersebut tidak sia-sia.

Adapun beasiswa yang ditawarkan, bersumber dari Pemerintah (APBN dan PNBP) dan dari sumber lain yaitu :

  1. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)       15. PGN
  2. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)  16. Bank Tabungan Negara
  3. BMU                                                                           17. PERTAMINA
  4. BKM                                                                           18. INDOSAT
  5. Bidik Misi                                                   19. Daihatsu
  6. I-MHERE                                                    20. BCA Finance
  7. Beasiswa Unggulan                                  21. Eka Tjipta
  8. SUPERSEMAR                                          22. Pegadaian
  9. Djarum Foundation                                   23. Bank Mandiri
  10. Bank Indonesia                                         24. TNI POLRI
  11. Bank Rakyat Indonesia                            25. BUMN Peduli Pendidikan
  12. Toyota & ASTRA                                    26. Yayasan Pelayanan Kasih
  13. TASPEN                                                     27. PT Kaltim Prima Coal
  14. Bank Negara Indonesia ’46                      28. Marga Jaya, dan lain-lain

Yang Dapat Mengajukan Beasiswa Adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya

  1. Program S1 (Paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII)
  2. Program Diploma III / Pendidikan Vokasi (Paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI) dan
  3. Berstatus aktif di Semester Genap 2011/2012

Secara umum, Persyaratan mahasiswa yang mengajukan beasiswa wajib melampirkan berkas sebagai berikut :

Untuk dikumpulkan di Fakultas (Berkas dimasukkan dalam Map Biru ditulisi Nama, NIM. Fakultas dan No.HP) :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Formulir Biodata Mahasiswa
  3. Formulir permohonan beasiswa
  4. Form Verifikasi
  5. Fotokopi sertifikat pertandingan/kejuaraan (juara 1, 2 dan 3) dan panitia kegiatan kemahasiswaan yang diperoleh selama tahun 2011-2012 yang dilegalisir oleh fakultas masing-masing (bila ada)
  6. Surat Keterangan Aktif dari Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (BEM,EM,HMJ,UKM dip yang diikuti (bagi mahasiswa yang menjadi pengurus organisasi mahasiswa intra kampus yang diperoleh selama tahun 2011-2012).

Berkas-berkas persyaratan pendaftaran beasiswa dikumpulkan di Gedung Rektorat Koridor Lantai 1 (Berkas dimasukkan dalam Map Merah ditulisi Nama, NIM, Fakultas dan No.HP).  Adapun berkas yang dibutuhkan meliputi:

  1. Formulir Biodata Mahasiswa
  2. Form Validasi
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) / SIM
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (bagi PNS/ Perusahaan Swasta disahkan oleh Bagian Keuangan instansi / perusahaan dan bagi selain PNS / Perusahaan Swasta disahkan oleh Lurah / Kepala Desa dengan menyertakan nominal penghasilan kotor) tiga bulan terakhir
  7. Surat Keterangan yang disahkan RT, RW Apabila Salah Satu Orang tua Tidak Bekerja
  8. Fotokopi surat keterangan pensiun, sakit permanen, cerai, kematian dan PHK (Bila ada)
  9. Fotokopi Rekening Listrik, Telepon dan atau PDAM tiga bulan terakhir (bagi yang tidak menggunakan listrik, telepon dan atau PDAM memakai surat keterangan dari RT,RW).
  10. Fotokopi Bukti Pembayaran PBB (bagi yang tidak memiliki bukti pembayaran PBB memakai surat keterangan dari Pejabat daerah RT,RW)
  11. Fotokopi Biaya SPP anak yang menjadi tanggungan Orang Tua(SD,SMP,SMA,PT) satu lembar Kesehatan

Mahasiswa Program Studi Perpajakan mendapat fasilitas kesehatan berupa pengobatan gratis di Poliklinik Universitas Brawijaya yang terletak di JIn. Sukarno Hatta Malang.

Berbagai jenis pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa  mempunyai tujuan utama untuk mewujudkan visi dan misi program studi yang telah dirancang yakni meningkatkankualitas lulusan PS Perpajakan sehingga dapat diakui baik dalam maupun luar negeri.

Lembaga kemahasiswaan yang ada di FIA adalah:

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) adalah forum tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Administrasi. Pelaksana harian dipegang oleh 3 (tiga) orang mahasiswa selaku presidium yang dipilih oleh mahasiswa dalam forum MUMF. Bertugas merumuskan Garis-Garis Besar Haluan Kerja Organisasi (GBHKO) bagi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga tinggi eksekutif dalam kehidupan kemahasiswaan di tingkat fakultas. Ketua Umum disebut Presiden dipilih oleh mahasiswa fakultas melalui Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas. Bertugas melaksanakan GBHKO yang telah ditetapkan oleh MUMF sebagai haluan kerja organisasi selama 1 (satu) tahun.
  3. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) adalah lembaga Tinggi Legislatif dalam kehidupan mahasiswa di FIA Universitas Brawijaya. Anggotanya sebanyak 7 (tujuh) orang, yang dipilih melalui Pemilwa fakultas. Bertugas merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan kelembagaan FIA bersama-sama dengan BEM.
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah lembaga eksekutif dalam kehidupan mahasiswa di tingkat jurusan. Pengurus dipilih melalui Pemilwa Jurusan. Terdapat 2 (dua) HMJ yang terdiri atas:
    1. HMJ Administrasi Publik yang disebut HUMANISTIK (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik).
    2. HMJ Administrasi Bisnis yang disebut HIMABIS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis).
  5. Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Perpajakan adalah lembaga eksekutif dalam kehidupan mahasiswa di tingkat Program Studi.
  6. Lembaga Otonomi Fakultas (LOF) adalah unsur pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat fakultas. Bergerak dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat. Terdapat 9 (sembilan) LOF, yaitu:
    1. RSC (Research Study Club), pengembangan minat dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah.
    2. LPM DIANNS, sebagai lembaga pers kampus yang bergerak dalam pengembangan minat bakat bidang jurnalistik.
    3. FORKIM (Forum Kajian Islam dan Masyarakat), sebagai lembaga dalam bidang kereligiusan agama Islam.
    4. AEC (Administration English Club), sebagai mengasah kemampuan berbahasa lnggris.
    5. AMC (Administration Music Club), sebagai wadah untuk mengasah minat bakat bidang seni musik.
    6. PSM (Paduan Suara Mahasiswa), sebagai wadah untuk minat bakat bidang tarik suara.