Ditulis pada tanggal 11 January 2013, oleh yusuf81, pada kategori Berita, Kegiatan

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat mengikuti arus globalisasi, maka teknologi menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Berbagai kenyamanan yang diciptakan dari teknologi diyakini berakibat buruk terhadap pola pikir manusia. Sebagaimana yang terjadi dalam kehidupan manusia saat ini, berfikir dan memenuhi segala kebutuhannya cenderung Instant serta berlebih.

Berangkat dari keprihatinan terhadap permasalahan bangsa (permasalahan kebijakan lingkungan, lunturnya jiwa nasionalisme dan ketahanan nasional, rusaknya moral pejabat publik, maraknya tindakan korupsi, dan gagalnya pelayanan publik serta kepemimpinan berkarakter), Keprihatinan terhadap espektasi mahasiswa serta Prestasi akademis yang diperoleh Fakultas maka menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan Iklim Inovasi Ilmiah di Universitas Brawijaya khususnya Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) agar dapat mendukung kebijakan pemerintah maupun mengawal dan mengkritisi kebijakan pemerintah, fenomena sosial yang melanda negeri ini serta memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu, maka mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi yang menempuh mata kuliah Etika administrasi, Teori Manajemen Publik, Kewarganegaraan dan Kebijakan Lingkungan yang diampuh Bapak Drs. Mochamad Rozikin, MAP. Dalam rangka pemenuhan tugas perkuliahan maka mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut diatas dituntut untuk membuat sebuah karya Inovasi berupa Film dokumenter, Majalah, Komik, Karikatur dan Jingle lagu, serta poster dengan tema yang disesuaikan dengan pendekatan mata kuliah yang di tempuh.

Hasil dari karya-karya tersebut dipamerkan kepada mahasiswa maupun masyarakat secara umum sebagai bentuk transformasi karya yang berasal dari sebuah makalah menjadi karya inovasi visual yang lebih menarik, efektif dan mudah dipahami untuk dipersembahkan kepada Indonesia. Hal ini sebagai bukti bahwasanya karya ilmiah adalah media informatif untuk mencerdaskan dan membuka wawasan anak bangsa. 

Tujuan Kegiatan:

  1. Mempererat tali silaturahmi Mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  2. Menumbuhkan sikap ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya dalam bidang ilmu pengetahuan sesuai keilmuannya, terutama setelah menyelesaikan masa studinya.
  3. Meningkatkan wawasan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi tentang pentingnya karya-karya yang bersifat inovasi dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.
  4. Dapat memotivasi mahasiswa agar menyalurkan ide-ide kreatif mereka menjadi pesan-pesan yang menarik dan informatif melalui pameran ilmiah.

[slideshow id=4]

Pelaksanaan Kegiatan:

Kegiatan ini dilaksanakan setelah pengumpulan karya dari setiap kelompok serta kesiapan dari panitia yaitu pada tanggal 9 Januari 2013 bertempat di Basement Fakultas Ilmu Administrasi. Dalam kegiatan ini kondisi basement FIA UB disulap dan didesain oleh panitia dan peserta pameran layaknya pameran ilmiah saat pekan ilmiah nasional, didalamnya terdapat 30 meja yang didesain sesuai tema karya yang sedang dipamerkan serta ada 70 proyek secara keseluruhan. Selain itu juga terdapat sebuah panggung beserta kelengkapan dan studio yang dapat digunakan untuk penampilan film dokumenter  Berdasarkan setting atau desain ruang yang dilakukan oleh peserta pameran dan panitia maka tepat pada pukul 08.30 Wib acara pameran ilmiah dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi yang didampingi oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan III, ketua jurusan publik dan bapak Rozikin dengan terlebih dahulu dilakukan pemotongan pita.

Pengunjung pameran ilmiah dapat menikmati 70 stand proyek karya mahasiswa FIA yang terbagi kedalam enam project yaitu poster, karikatur ilmiah, majalah, film dokumenter dan jingle lagu serta komik, khusus untuk film dokumenter pengunjung bisa menyaksikan langsung di layar yang telah disediakan oleh panitia, sedangkan untuk jingle pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung penampilan dari tujuh kelompok jingle yang mempersembahkan lagu untuk Indonesia.

Selain menikmati dan menyaksikan karya hasil kreasi mahasiswa FIA yang menempuh matakuliah Kewarganegaraan, Kebijakan Lingkungan, Teori Manajemen Publik dan Etika Administrasi. Seluruh pengunjung dimanjakan oleh panitia dengan hiburan-hiburan yang telah disiapkan diantaranya penampilan stand-up comedy malang, acoustic music dan 7 proyek video dokumenter terbaik serta jingle lagu dari 13 kelompok mahasiswa. Pengunjung juga disediakan kuisioner untuk memilih stand terbaik, selain itu pengunjung juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan menjawab kuis dari MC bagi yang beruntung mendapat doorprize dari panitia. Kegiatan ini mampu menyerap pengunjung sangat luar biasa banyak serta apresiasi dari berbagai kalangan dan ditutup secara resmi pada pukul 16.30 Wib. Adanya kegiatan pameran ilmiah 2013 maka dapat membuka wawasan mahasiswa dan masyarakat bahwasanya karya ilmiah tidak hanya bisa disampaikan lewat tulisan, namun melalui pameran lebih mudah dipahami dan diminati oleh masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga mampu memberikan kritikan serta masukan kepada pemerintah tentang fenomena-fenomena yang terjadi saat ini untuk memperbaiki kondisi Indonesia. (Reporter Robert Durianto (Ketua Pelaksana)).