Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

User of The Month Juli 2018

Zurika Sintia Putri merupakan salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014. Pengalaman organisasinya pernah menjadi Sekretaris Departemen Bisnis Kreatif dan Media Himpunan Program Studi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Menurut saya setiap perpustakaan yang sebenarnya adalah infrastruktur pengetahuan yang bertujuan memudahkan sivitas akademik membangun pengetahuan individu maupun.pengetahuan bersama. FMRC sebagai salah satunya, seharusnya sangat dimanfaatkan juga sebagai ruang publik untuk bertukar pikiran, berdiskusi dan kegiatan lainnya. FMRC sebuah pusat sumber rujukan sivitas akademik dalam memperoleh informasi ilmiah, mengerjakan tugas alkhir ataupun penelitian.

Kalau fasilitas sejauh ini menurut saya sudah sangat baik, nyaman, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kembali, seperti keberadaan colokan. Meskipun sepele, tetapi begitu vital dan harusnya ditambahkan. Kalau misalnya tidak terpenuhi, bisa menghambat proses dari pemanfaataan fasilitas itu sendiri.

Mahasiswa dari Tulungagung ini menambahkan untuk kemudahan akses pemustaka diperlukan buku tamu elektronik, apalagi kita lingkupnya fakultas. Yang datang juga dari kalangan dosen, mahasiswa dan tamu dari luar. Tidak harus menggunakan scan barcode. Misalnya menggunakan komputer, lalu ketikkan nama dan keterangan kunjungan, sehingga dapat menunjukkan, memberikan informasi yang baik dan layanan terkait. Kemudian sebagai ruang diskusi dapat disediakan LCD dan sebagainya. Disini tempatnya juga mendukung untuk itu.

Harapan untuk FMRC semakin dapat memenuhi ragam kebutuhan informasi para pemustaka. Saat ini sedang berkembang repositori institusi digital. Saya dengar disini ingin mengembangkan hal tersebut. Saya doakan semoga cepat selesai. Kita tahu bahwa repositori institusi sangat penting dalam penyebaran informasi ilmiah sivitas akademika.

Kegiatan-kegiatan seperti ragam pelatihan, seminar yang dulu tetap dilaksanakan, karena itu penting. Seminar dan pelatihan itu terus didengungkan ke mahasiswa lain untuk menambah pengalaman empiris dan teoritis yang didapat dari kuliah. Di FMRC adanya pelatihan penulisan artikel jurnal, bimbingan pemustaka, dan kegiatan lain seperti itu harapannya terus digalakkan. Jadi FMRC bukan hanya sebagai tempat membaca buku, mencari rujukan, tapi sebagai sarana untuk membangun pengetahuan. Kegiatan di atas, kalau bisa meskipun tidak rutin tetap digiatkan. Walaupun bukan kegiatan berskala besar, tapi yang penting rutin terlaksana. Zurika Sintya

Oleh Aldi Rahman Untoro (SE Fmrc Fia UB)

#userofthemonth #juli2018
#fmrc #fiaub

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum
Search