Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

User of The Month FMRC Februari 2018

Dr. Mohammad Nuh, S.IP., M.Si. merupakan Dosen Program Studi Administrasi Publik. Beliau menyelesaikan studi S2 UGM Master of Public Administration dan S3 Program Studi Strategy and Security, Burapha University, Thailand.

Fadel Muhammad Resources Center (FMRC) telah mengalami kemajuan yang begitu pesat jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Berbagai macam koleksi telah tersedia disana, mulai dari textbook, e-journal, e-book dan sebagainya.

Beliau yang pernah menjadi dosen berprestasi UB ini berpendapat bahwa adanya layanan referensi dan katalog elektronik (OPAC) akan memudahkan mahasiswa menemukan literatur yang dibutuhkan. Layanan refrensi dan Katalog elektronik FMRC ini merupakan sebuah perkembangan yang luar biasa bermanfaat.

Sayangnya dosen belum banyak memanfaatkan FMRC untuk menunjang tugas perkuliahan. Seharusnya FMRC dapat lebih dimanfaatkan dengan optimal. Literatur yang dibutuhkan dosen dan mahasiswa telah disediakan, serta kemudahan akses menjadi kunci penting FMRC saat ini terang mantan Ketua Pusat Sistem Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, dan Kehumasan (PSIK) FIA UB.

Menurut Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) ini menganggap FMRC kondusif untuk mencari dan menemukan informasi terkait dengan kebutuhan yang dimiliki. Ruangan untuk membaca dan berdiskusi dipisah, sehingga tidak adanya distraksi ketika orang ingin membaca terganggu oleh orang-orang yang sedang berdiskusi. Kemudian lighting atau pencahayaan dibagian utara masih belum ideal. Idealnya terdapat lampu di setiap meja.

Dosen yang telah menulis buku berjudul, “Kebijakan Pembangunan Perkotaan” ini berpendapat untuk jam buka layanan dapat disesuaikan dengan jam perkuliahan. Ketika mahasiswa kuliah hingga sore hari, maka seharusnya FMRC pun demikian. Hal ini dibutuhkan supaya mahasiswa dapat mencari informasi misalnya saat perkuliahan berakhir, mahasiswa tetap dapat mencari dan menemukannya di FMRC. Ideal pada saat jam istirahat kini FMRC tidak tutup dan buka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB, Senin – Jumat, dan pukul 08.00 – 12.00 WIB di hari Sabtu.

Harapan beliau, FMRC terus berkesinambungan memfasilitasi dan menjadi solusi dosen ataupun mahasiswa dalam mengakses sumber informasi hingga dapat membangun pengetahuan mereka, Kedua dalam hal penyediaan koleksi referensi yang dibutuhkan oleh dosen ataupun mahasiswa.

Oleh :
Dwi Eliana Sari (SE)
Aldi Rahman Untoro (SE)

Search