Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Cincin Sang Dosen

Pengalaman-pengalaman dalam buku ini menunjukkan bahwa dosen tak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga mengajarkan kehidupan. Kisah disini mengabarkan bahwa profesi dosen itu merupakan sesuatu yang mulia, dosen merupakan guru kemanusiaan. Profesi guru atau dosen dianggap rendah, padahal mereka menjadikan kita yang sekarang. Dengan menjadi dosen, maka ia akan diperkaya dengan ilmu pengetahuan, relasi, wawasan. Dan ia akan menghasilkan manusia-manusia berkualitas.

Hidupnya sungguh berarti, saat melihat murid-murid yang pernah didiknya, menjadi orang yang berhasil dalam hidup. Tulisan ini merupakan refleksi atas perjalanan dan pengalaman para dosen sebagai pendidik. Mereka bukan hanya mentransfer pengetahuan, tapi juga nilai-nilai luhur sehingga mahasiswa dapat unggul secara akademik, maupun memiliki pribadi yang berintegritas.

Buku berjudul, “Cincin Sang Dosen” memuat 27 kisah, dimana bagian pertama terdiri dari 12 kisah. Pintar tanpa menggurui, tajam tanpa melukai, cerita mengenai perjuangan dosen baik suka maupun duka. Fortiter in re suaviter in modo, tegas dalam prinsip, namun lembut dalam bertindak. Dosen dituntut untuk pintar tapi tidak menggurui, tajam dalam menyampaikan kebenaran, tapi tidak melukai hati. Cura personalis, memberi perhatian pada masing-masing pribadi, merupakan salah satu aspek fundamental dari sebuah panggilan menjadi guru atau dosen.

Bagian kedua memuat 15 kisah, berakar dalam panggilan, berkobar dalam pelayanan, bercerita atas jawaban batin dan alasan mengapa mereka tergerak menjadi seorang dosen, dan bukan profesi lain. Kisah-kisah di dalam buku ini akan membuat kita berkontemplasi akan kehidupan seorang pendidik, yang tentu tidak mudah dan penuh perjuangan. Tapi nyatanya kisah-kisah dalam buku ini tak hanya membuat kita merenung, tapi juga akan memberi inspirasi, dan menjadikan diri kita memiliki keinginan untuk menjadi seorang guru atau dosen.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan merasa bahwa dosen merupakan sebuah profesi yang bernilai tinggi. Pengalaman dan cerita kehidupan seorang dosen, dimaknai secara luas dan mendalam oleh tulisan ini. Tentu akan dihadang oleh peliknya beragam masalah, dengan begitu seorang dosen akan menjadi semakin bijak, seiring dengan pelajaran kehidupan yang diterima olehnya. Buku yang sangat menarik untuk dibaca.

Oleh Student Employee FMRC FIA UB: Aldi Rahman Untoro
Courtesy to A. Mintara Sufiyanta
Deskripsi bibliografis dapat diakses: https://goo.gl/6wRBi5

Search