Buku berjudul, “Basic Research Methods for Librarians, Fifth Edition” ini ditulis oleh dua pakar di bidang Ilmu Perpustakaan. Mengenai metode penelitian dasar untuk pustakawan. Penelitian Dasar (Basic Research) ialah penelitian untuk pengembangan suatu teori atau ilmu pengetahuan. Penelitian ini biasanya tidak dapat langsung digunakan untuk mengambil keputusan atau solusi. Sementara Penelitian Terapan (Applied) ialah penelitian yang dapat langsung digunakan untuk memecahkan masalah atau mengambil kebijakan.

Penulis pertama bernama Lynn Silipigni Connaway Ph.D. Beliau adalah seorang peneliti senior di OCLC Research. Saat ini sedang mempelajari masalah-masalah bibliografi yang terkait dengan berbagai masalah, seperti bagaimana orang mencari dan mendapatkan informasi dengan menggunakan bibliografi World Cat, menggunakan data untuk memfasilitasi pengambilan keputusan lembaga perpustakaan.
Beliau merupakan peneliti utama yang didanai oleh IMLS untuk mempelajari dan mengevaluasi keberlanjutan dan relevansi layanan referensi virtual. Penelitian mengenai perilaku para pencari informasi, yaitu mahasiswa dan mahasiswa pasca sarjana. Menjabat sebagai Wakil Presiden Layanan Perpustakaan di NetLibrary. Direktur Depertemen Pelayanan Perpustakaan di Universitas Denver, Colorado, Amerika Serikat dan di Program Studi Perpustakaan dan Informatika Universitas Missouri, Kolumbia.

Penulis kedua bernama Ronald R. Powell Ph.D. Seorang profesor emeritus dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Wayne State University, Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Karyanya yaitu The Next Library Leadership: Attributes of Academic and Public Library Directors dan Convergence and Collaboration of Campus Information Services. Mendapat penghargaan untuk penelitian ilmiahnya tahun 2001 dari Wayne State University.

Buku edisi kelima ini membahas mengenai metode penelitian berbasis perpustakaan. Berbagai aspek penelitian dijelaskan mulai dari pengembangan penelitian, pemilihan metode, teknik pengumpulan data, analisis data dan penulisan laporan penelitian. Penjelasannya mungkin sedikit sulit dipahami.
Di dalamnya terdapat 11 Bab. Tulisan pertama membahas mengenai penelitian dan kepustakawanan, definisi penelitian, manajemen, penelitian perpustakaan ke depan. Tulisan selanjutnya membahas mengenai penelitian ilmiah, pengembangan penelitian, penelitian terapan, penelitian kualitatif, survei penelitian, penelitian experimental, penelitian historis dan analisis data.

Buku berjudul, “Basic Research Methods for Librarians, Fifth Edition” ini difokuskan pada konteks masalah terkait dengan perpustakaan. Pembacanya ditujukan bagi pustakawan dan mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

Berikut Link katalog kami : http://fia.ub.ac.id/lama/katalog/index.php…

Sinopsis ini dibuat oleh : Aldi Rahman Untoro ( Internship FMRC)

Foto Fmrc Fia UB.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan

Komentari

Komentar
Mustika Wati

Mustika Wati Perlu baca bukunya ini ?

1

Kelola

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan

· Balas · 30m

Mustika Wati membalas · 2 Balasan