Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Resensi Buku : Karya SBY

“Selalu Ada Pilihan” merupakan buah karya dari presiden RI ke 6, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Buku ini tidak seutuhnya dapat dikatakan sebagai buku autobiografi dari Bapak SBY, sebab buku ini lebih menceritakan tentang pemikiran, pandangan, serta pengalaman beliau. Buku ini selain didedikasikan untuk para calon pemimpin bangsa, juga ditujukan untuk rakyat Indonesia agar lebih mengerti tentang kondisi bangsanya. Dengan bahasa yang luwes, sederhana, dan mudah dicerna, buku ini tidak menjadi bahan bacaan yang “berat”.

“Selalu Ada Pilihan” ditulis oleh Bapak SBY di penghujung masa jabatannya sebagai presiden. Buku ini dihadirkan oleh beliau untuk memenuhi harapan dan permintaan dari para sahabat beliau agar tetap dapat berkontribusi secara positif dalam politik. Buku ini dibuat sebagai media berbagi dan memotivasi, berdasarkan dari pengalaman beliau dalam berkecimpung di dunia politik sebagai kepala negara. Di dalamnya terdapat harapan beliau kepada pemimpin bangsa selanjutnya, yang akan membawa perubahan dan pembangunan Indonesia yang lebih maju lagi.

Secara keseluruhan, buku ini dibagi menjadi empat bagian. Bab 1 memiliki judul “Inilah Negara Kita Saat Ini”. Pada bab ini berisi gambaran kondisi dan situasi negara Indonesia yang mencakup pembahasan mengenai tantangan dan permasalahan utama yang dihadapi oleh bangsa ini. Pembahasan tentang karakter dan keadaan perpolitikan, serta kehidupan demokrasi yang ada di Indonesia begitu menonjol. Sedangkan pada Bab 2 yang diberi judul “Asalkan Tahu, Beginilah Jadi Presiden”, Bapak SBY lebih membagikan pengalaman dan pengetahuan tentang hal-hal yang beliau alami selama menjabat sebagai presiden.

“Ingin Jadi Presiden, Menangkan Pemilihan Mendatang” menjadi judul dari Bab 3. Pada bab ini beliau berbagi mengenai pengalaman beliau selama mengikuti dua kali pemilihan umum, baik legislatif maupun pemilu presiden pada tahun 2004 dan 2009. Kemudian pada Bab 4 yang diberi judul “Semoga Menjadi Presiden yang Sukses”, Bapak SBY berbagi tentang apa saja tugas dan kewajiban yang harus dijalankan oleh seorang presiden, termasuk persoalan dan dinamikanya. Dalam bab ini pula beliau seraya berdoa dan berharap semoga presiden Indonesia yang selanjutnya dapat benar-benar sukses, bahkan lebih sukses dari beliau, dalam mengemban tugas. Beliau berharap agar pemimpin bangsa kelak dapat memajukan kehidupan bangsa dan negara.

Buku ini memang tidak menjadi bahan bacaan yang berat, karena terdapat beberapa cuplikan adegan dan dialog atau percakapan Bapak SBY dengan banyak tokoh. Terdapat cerita tentang pengalaman beliau selama menjabat, yang sebelumnya belum pernah diceritakan atau muncul di pemberitaan publik. Buku ini merupakan media berbagi, bukan untuk menggurui pembaca. Beliau menuliskan buku ini menggunakan sudut pandang beliau sendiri. Dalam kalimat yang beliau tuliskan, tersirat kerendah-hatian beliau dalam bertutur dan menyampaikan pandangan maupun pengalamannya.

Ditulis oleh Aliffaum Mahdya Yusuf
Editor: Aldi Rahman Untoro
Courtesy to: Susilo Bambang Yudhoyono
Deskripsi Bibliografis: https://goo.gl/EUe8tV

Search