Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Implementasi Revolusi Mental melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat

  • Berita

Malang – Bertempat di Gedung Gajayanan Museum Musik Indonesia Malang, Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang menyelenggarakan acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan tema “Implementasi Revolusi Mental melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat”. Dalam acara tersebut, mengundang beberapa narasumber yaitu : Ibu Dra. Lusi Damayanti, M. Hum (Perpustakaan Nasional RI), Ir. H.M. Ridwan Hisjam (Komisi X DPR-RI), Drs. Sudjono, MM (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur) dan Mas Zaenal (Pendidik, Penulis dan Pegiat literasi).

Acara dimulai dengan pembukaan, dimulai dari yel-yel gemar membaca, tarian tradisional dari Malang (Tari Topeng Malangan) dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi terkait tema yang diangkat. Beberapa hal yang perlu kiranya masih menjadi perhatian, seperti apa di sampaikan Ibu Lusi seperti :
“…Kegemaran membaca di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain : fakta bahwa masyarakat indonesia pada dasarnya merupakan masyarakat berbudayaan tutur, seperti masyarakat di negara –negara asian lainnya seperti Malaysia, Brunei, Palestina hampir sama, dimana bentuk pertukaran informasi masih secara lisan, semua informasi, gagasan pengetahuan hanya disimpan dalam ingatan…. Faktor penyebab lainnya dengan adanya keterbatasan bahan bacaan, baik yang disediakan oleh perpustakaan maupun bahan bacaan yang tersebar di masyarakat. Kondisi saat ini di indonesia, perbandingan ketersediaan buku dengan membaca di Indonesia, 1:15.000, artinya 1 buku untuk 15.000 orang, sedangkan idealnya menurut Unesco adalah 2 buku untuk 1 orang… Faktor lain yang tidak kalah penting adalah keterbatasan akses terhadap bahan bacaan, baik secara online dan offline…”
Kegemaran membaca Indonesia sebenarnya sudah cukup tinggi, bisa dilihat dilapangan. Dalam hal ini Perpusnas RI, dalam memobilisasi pengetahuan salah satu bentuknya melalui layanan dan program aplikas Ipusnas, E-resources dan IOS (Indonesia Onesearch) yang menyediakan sumber bacaan sekaligus pengetahuan untuk masyarakat melalui teknologi. Layanan dan program perpustakaan dapat diakses melalui tautan perpusnas.go.id.

Search