Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan
Bagikan ke:
Lulusan
1. Pustakawan (Librarian)
Profesional yang memiliki kompetensi di bidang administrasi dan manajemen perpustakaan baik di lembaga publik maupun bisnis. Mempunyai fungsi, tugas, dan tanggung jawab merencanakan, mengorganisasikan, mendiseminasikan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan fasilitasi akses perpustakaan serta penciptaaan pengetahuan bagi komunitas pengguna, baik di lembaga publik, bisnis, maupun sosial secara berkelanjutan dengan menerapkan standarisasi serta memanfaatkan multiplatform TIK modern secara real time. Profil ini melingkupi pula analisis data ilmiah, penata penerbitan ilmiah, managerpengetahuan, dan pengelola informasi dan dokumentasi (information and documentation officer).
2. Manajer Informasi (Information Manager)
Profesional yang memiliki kompetensi mengelola dan
memberikan pelayanan informasi, baik di bidang aplikasi dan inovasi berbasis pengetahuan pada organisasi bisnis dan
publik. Mempunyai tugas dan tanggung jawab proses pengorganisasian, penyimpanan, pendokumentasian,
penyediaan, diseminasi dalam pelayanan informasi publik, hingga meningkatkan dan menyelaraskan nilai informasi dan
pengetahuan dengan prioritas bisnis, menciptakan budaya berpengetahuan, mengelola infrastruktur pengetahuan,.
Selain itu merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan
pelayanan informasi dengan menerapkan standarisasi serta memanfaatkan multi-platform TIK modern secara real time.
3. Arsiparis / Manajer Rekod (Archivist/Records Manager)
Profesional yang memiliki kompetensi di bidang administrasi arsip/rekod statis dan dinamis pada organisasi sektor publik dan sektor bisnis. Mempunyai fungsi, tugas, dan tanggung jawab mengendalikan penciptaan, melaksanakan kegiatan menilai, mengumpulkan, mengelola, memelihara, distribusi, disposisi, penggunaan, dan memastikan kendali dan
menyediakan akses arsip/rekod statis dan dinamis yang memiliki nilai sejarah dan nilai lain, baik yang bersifat
permanen atau jangka panjang, maupun yang bersifat jangka pendek dalam ragam format dan media sebagai bukti
kegiatan dan transaksi serta mendukung tata kelola informasi pada organisasi dengan menerapkan standarisasi
serta memanfaatkan multi-platform TIK modern secara real time.hivist/Records Manager)