Ditulis pada tanggal 27 May 2014, oleh ymayowan, pada kategori Kegiatan

 

Malang, 19 Maret 2014. Sejumlah Karyawan dan Dosen mengikuti pengisian bersama e-filing yang diadakan oleh Tax Center FIA Universitas Brawijaya di Aula Gedung A Lantai 4.

Penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi maksimal 31 Maret , dan untuk Badan Usaha 30 April untuk setiap tahunnya. Pengisian SPT manual oleh Wajib Pajak Pribadi menggunakan formulir SPT 1770 SS yang terdiri dari 1 Lembar, dan untuk formulir SPT 1770 S sebanyak 3 lembar. Penggunaan kertas dalam penyampaian SPT yang berupa formulir dirasa akan menghambur-hamburkan kertas dan nantinya akan berdampak pada lingkungan hidup.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Pajak merilis penyampaian SPT Tahunan melalui online, yaitu dengan menggunakan aplikasi e-filing. Secara umum, penyampaian SPT atau penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik melalui E-filing.

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta pengisian E-Filing, dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Bapak Bambang Supriyono dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Perpajakan sekaligus perkenalan ketua program studi perpajakan yang baru, Pak Kadarisman Hidayat dan terakhir sambutan dari Kanwil DJP Jatim III sekaligus mengawali pemberian materi mengenai pengisian SPT Tahunan secara online dengan menggunakan aplikasi E-Filing yang telah disediakan oleh DJP, yang sebelumnya para peserta pengisian E-Filing ini terlebih dahulu mengisi formulir permohonan E-FIN (Elektronic Filling Identification Number) yang telah diakomodir oleh Tax Center sebelum kegiatan ini berlangsung, sehingga pada saat pengisian E-Filing para peserta sudah memiliki ID untuk mengakses E-Filing.

Pendampingan pengisian E-Filing dilaksanakan mulai jam 09.00 sampai jam 16.00 yang dibimbing langsung oleh perwakilan Kanwil DJP Jatim III dan dibantu oleh pihak KPP Pratama serta dibantu oleh teman-teman dari Tax Center itu sendiri. Selain itu, diluar gedung A juga diadakan semacam crisis center oleh Pegawai KPP Malang Utara dan KPP Malang Selatan untuk melayani para peserta yang ingin mengurus NPWP, mendaftar E-FIN, ataupun untuk pendampingan dalam pengisian E-Filing. Dalam kegiatan ini kurang lebih dihadiri oleh 400 orang dosen dan karyawan se-Universitas Brawijaya, harapan dari pengisian E-Filing bersama ini mampu sedikit banyak membantu dalam memenuhi kewajiban wajib pajak yang ada di lingkup civitas akademika Universitas Brawijaya.

Tag: