Ditulis pada tanggal 27 May 2014, oleh ymayowan, pada kategori Kegiatan

 

Sejumlah bendaharawan lingkungan Universitas Brawijaya Malang mengikuti sosialisasi dan pelatihan pengisian SPT menggunakan E-Filling di Gedung A3 FEB UB, Rabu (19/2).

Sosialisasi dan Pelatihan E-Filling merupakan agenda pertama dalam kepengurusan baru Tax Center FIA UB 2014. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu, 19 Februari 2014 di Gedung A3 FEB UB yang bekerjasama dengan ICATAS FEB UB yang mengundang seluruh bendaharawan di lingkungan Universitas Brawijaya, meliputi Kepala Sub Bagian Keuangan, Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran Kantor Pusat dan seluruh Fakultas di Universitas Brawijaya.

Sosialisasi diisi oleh beberapa pemateri dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil III dan beberapa perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang menjelaskan mengenai latar belakang, tujuan, dan manfaat E-Filling serta tata cara pengisian E-Filling.

Tujuan utama layanan pelaporan pajak secara eFiling ini adalah : a) Membantu para Wajib Pajak untuk menyediakan fasilitas pelaporan SPT secara elektronik (via internet) kepada wajib pajak, sehingga wajib pajak orang pribadi dapat melakukannya dari rumah atau tempatnya bekerja, sedangkan wajib pajak badan dapat melakukannya dari lokasi kantor atau usahanya. Hal ini akan dapat membantu memangkas biaya dan waktu yang dibutuhkan oleh Wajib Pajak untuk mempersiapkan, memproses dan melaporkan SPT ke Kantor Pajak secara benar dan tepat waktu. b) Dengan cepat dan mudahnya pelaporan pajak ini berarti juga akan memberikan dukungan kepada Kantor Pajak dalam hal percepatan penerimaan laporan SPT dan perampingan kegiatan administrasi, pendataan (juga akurasi data), distribusi dan pengarsipan laporan SPT. c) Saat ini tercatat lebih dari 10 juta Wajib Pajak di Indonesia, dengan cara pelaporan yang manual tidak mungkin akan dapat ditingkatkan pelayanan terhadap para WP tersebut. Maka dengan eFiling dimana sistem pelaporan menjadi mudah dan cepat, diharapkan jumlah Wajib Pajak dapat meningkat lagi dan penerimaan negara tercapai.

“E-Filling merupakan salah satu cara pengisian SPT dengan menghemat penggunaan kertas, jauh diluar tujuan go green untuk mengenalkan IT pada dunia pajak. Karena sudah banyak Negara-negara yang menggunakan E-filling dalam pelaporan pajaknya, sehingga transparansi lebih akurat”, tutur Cindy Getah Tresna June, Koordinator Tax Center FIA UB 2014.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Tax Center mampu memenuhi tujuan pokok dan fungsi sebagai lembaga yang menjembatani mahasiswa, dosen dan seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Brawijaya dalam memahami, membayar dan melaporkan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengisian SPT melalui E-Filling ini merupakan kegiatan awal yang nantinya akan dilanjutkan dengan praktek pengisian SPT melalui E-Filling yang ditujukan kepada seluruh karyawan yang ada di Universitas Brawijaya yang akan diadakan pada tanggal 4-28 Maret mendatang”, imbuh Dimas Weiby selaku Ketua Pelaksana Sosialisasi dan Pelatihan E-Filling. (red/F)

Tag: