Diklat FPP Muda Angkatan II

[metaslider id=246]

Diklat FPP (Fungsional Perencanaan Pejenjangan) Muda adalah diklat rutin yang diselenggarakan oleh BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dengan RCCP (Research Centre Conflict and Policy) FIA UB. Tempat pelaksanaan diklat di Gedung E FIA-UB lantai 8 dengan studi lapang di Bappeda Kota Probolinggo dan Bappeda Kota Blitar. Peserta diklat FPP Muda berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia.

Fungsi Diklat (pendidikan dan pelatihan) bagi perencana dimaksudkan sebagai wahana memberikan bekal bagi seorang perencana agar memiliki kemampuan dan keahlian, seperti conceptual skill, human skill dan technical skill (Jones et al, 1998) di setiap level perencana.

Kecakapan konseptual menunjuk pada kemampuan seorang perencana memahami konsep dan teori pembangunan yang harus diaplikasikan dalam perencanaan. Sementara itu, human skill merupakan kemampuan relasi dan daya fleksibilitas dalam memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki. Sedangkan technical skill merupakan kemampuan dasar seorang perencana dalam menerapkan metode dan pendekatan perencanaan pembangunan yang baik. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan jabatan perencana sebagaimana dijabarkan di atas, maka kami, Research Centre for Conflict and Policy (RCCP) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menyelenggarakan Diklat Jabatan Fungsional Perencana Muda”.

Posted in Berita, Kegiatan and tagged .