Penerapan sistem teknologi informasi di Prodi Pariwisata FIA-UB telah berlangsung dengan baik, terutama untuk pelayanan akademik dan non akademik bagi mahasiswa. Semua jenis data yang dibutuhkan mahasiswa bisa diakses secara mudah melalui sistem pengelolaan data baik secara manual maupun komputerisasi tanpa jaringan maupun dengan jaringan lokal.
Berbagai data, seperti: mahasiswa, Kartu Rencana Studi (KRS), jadwal mata kuliah, nilai mata kuliah, transkrip akademik, lulusan, Dosen, Pegawai, keuangan, inventaris, dan perpustakaan, bisa diakses melalui jaringan jaringan komputer luas (Wide Access Network atau WAN).
Sistem informasi di Prodi Pariwisata FIA-UB menggunakan software berbasis Operating System berlisensi seperti Microsoft Windows dan MacOS X Maverick untuk menunjang proses pembelajaran. Penggunaan Microsoft Corporate di PSP FIA-UB merupakan hasil kerja sama UB dengan Microsoft sebagai corporate penyedia software.

Bagi Mahasiswa
Setiap civitas akademika Prodi Pariwisata FIA-UB terhubung dengan sistem informasi terpadu yang disebut Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Di dalam SIAKAD, terdapat beberapa sistem yang dikembangkan untuk fungsi-fungsi tertentu dan melayani user dengan tujuan khusus. Uraian singkat tentang sistem informasi yang ada dalam SIAKAD adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Dengan layanan ini, mahasiswa dapat mengakses informasi seputar catatan akademik selama proses perkuliahan. Mahasiswa mengakses sistem ini untuk pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), mendapatkan Kartu Hasil Studi (KHS), serta untuk mendapatkan informasi kelas dan dosen dan jadwal kuliah serta ujian.
  2. Sistem Registrasi (SIREGI). Melalui sistem ini, operator bagian akademik dan bagian keuangan memperbaharui informasi seputar pelaksanaan registrasi mahasiswa. Mahasiswa sendiri dapat melakukan registrasi akademik setiap semester secara online Real Time system dari seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena saat ini UB telah bekerja sama dengan melalui Bank BTN dan Bank Mandiri.
  3. Sistem Wisuda (SIUDA). Sistem ini digunakan oleh operator akademik di setiap fakultas untuk mendaftarkan para peserta wisuda di setiap periode yang telah dijadwalkan. Selain untuk membantu kelancaran administrasi persiapan wisuda, sistem ini bermanfaat bagi staf UB untuk mendata para alumni UB.
  4. Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Online (SIMPEL). Sebagai bagian dari Decision Support System (DSS), pengembangan sistem ini ditujukan untuk memberikan laporan keuangan dan akademik terintegrasi kepada pejabat di tingkat fakultas dan UB.

Bagi Tenaga Pengajaran dan Tenaga Kependidikan
Pengelolaan kepegawaian di Prodi Pariwisata FIA-UB dilakukan secara terpusat di tingkat Fakultas. FIA-UB menggunakan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) yang dikembangkan oleh UB, antara lain:

  1. Khusus untuk mengevaluasi dosen, UB mengembangkan Sistem Informasi Akademik Dosen (SIADO).
  2. Untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan Tridharma PT dosen, Bagian Kepegawaian FIA-UB mengelola data untuk dimasukkan dalam Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen (SIPKD).
  3. Kegiatan pelaporan inventaris sarana dan prasarana di PSP FIA-UB dilaksanakan secara terpusat di tingkat Fakultas dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN).
  4. FIA-UB sedang mengembangkan sistem informasi keuangan yang akan bermanfaat untuk menunjang pengambilan keputusan internal organisasi. Sistem ini juga akan mampu meningkatkan kualitas layanan keuangan, serta mengurangi keterlambatan penyusunan laporan pertanggungjawaban ke Rektorat UB.
  5. Implementasi program e-learning (Program Pembelajaran Jarak Jauh) dan pelaksanaan ujian atau quiz berbasis internet.

Seluruh sistem ini terkoneksi satu sama lain melalui domain UB www.ub.ac.id. Untuk mengakses dan menggunakan fasilitas ini, seluruh civitas akademika UB, termasuk mahasiswa dan dosen PSP FIA-UB mendapatkan personal username dan password. Penerapan teknologi informasi ini terbukti mampu mengakselerasi proses belajar mengajar di FIA-UB.