WORKSHOP ANALISIS BIG DATA DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU WISATAWAN

Pada hari Sabtu, 28 September 2019, Laboratorium Pariwisata berhasil melaksanakan kegiatan “Workshop Analisis Big Data Dalam Memprediksi Perilaku Wisatawan” dengan menghadirkan pemateri dari Dosen Departemen Informatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang sudah mendapatkan TUV Rheinland Certified Big Data Analyst, Bapak Abdul Munif S.Kom, M.Sc.Eng. Big data merupakan salah satu komponen penting yang turut andil di era Industri 4.0. Komponen ini merujuk pada kumpulan data dalam jumlah yang sangat besar sehingga disimpan, diproses serta dianalisis menjadi kesimpulan informasi agar dapat digunakan sebagai dasar pengambilan suatu keputusan.

Misalnya jika seseorang menelusuri tiket pesawat di platform online ticketing, maka iklan mengenai tiket pesawat tersebut akan selalu muncul di situs manapun. Di sinilah peran big data dibutuhkan pariwisata untuk mengelola dan mengolah suatu data penelitian agar dapat menilai keputusan kepariwisataan.

Kegiatan ini tentunya turut dihadiri dan diapresiasi Ibu Edriana Pangestuti, SE, M.Si DBA selaku Sekretaris Program Studi S1 Pariwisata FIA UB yang berkeinginan agar workshop ini dapat menumbuhkan serta meningkatkan pengetahuan mahasiswa pariwisata menjadi lebih luas dalam meneliti potensi daerah wisata yang jarang terekspos.