Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner

Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner
2016, Bentang Pustaka, Yogyakarta

Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie dipanggil dengan nama Rudy. Beliau merupakan presiden ke-3 Indonesia yang sangat dikenal karena sosoknya yang jenius di bidang pesawat terbang. Kisah hidupnya dituliskan dalam bentuk narasi kehidupan yang menyentuh. Cerita berawal dari Rudy lahir hingga dewasa, dan kuliah di German.

Sikap yang keras kepala membuatnya sedikit arogan. Tapi kehidupan menasihatinya untuk tetap beradaptasi. Pengeboman yang dilakukan oleh Jepang mengharuskan keluarganya pindah ke tempat pedesaan. Disana Rudy banyak belajar untuk bergaul dengan teman sebayanya. Banyak bukunya yang tertinggal, hingga ia harus belajar menerima keadaan.

Setidaknya kehidupannya lebih baik dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Disini Rudy belajar bahwa pendidikan dan ilmu yang tinggi akan membuat hidup lebih aman dalam kondisi apa pun yang terjadi. Hal ini karena ayahnya yang mempunyai peran dan tugas yang penting, membuat keluarganya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, menyangkut pangan dan kebutuhan sehari-hari.

Kisah hidup Rudy dari kanak-kanak yang penuh keingintahuan, menggambarkan bahwa Rudy sosok yang selalu penasaran dan senang berpikir, hingga akhirnya Rudy harus berpisah dengan ibunya menuju Kota Lautan Api. Universitas Indonesia Bandung (Sekarang ITB) menjadi tempatnya menuntut ilmu. Walau hanya sebentar, Rudy bergegas mengikuti jejak temannya Keng Kie menuju Aachen, Jerman.

Ibu Rudy (Tuti Marini) mengajarkannya untuk disiplin dan menjadi yang terbaik. Ketika Ayah Rudy (Alwi Habibie) meninggal, beliau harus bekerja keras untuk menghidupi keluarga. Perjuangan seorang ibu dalam menghidupi keluarganya tergambar begitu jelas. Janjinya untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah terbaik, agar mereka mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Di Jerman seringkali Rudy harus berhemat karena terlambatnya uang dari Ibu. Ia lebih mengutamakan cita-cita daripada membelanjakan uangnya untuk kegiatan jalan-jalan, menonton di bioskop dan sebagainya. Rudy lebih suka membeli peralatan untuk membuat kerangka pesawat sederhana daripada membeli makan yang lezat.

Berbagai hikmah akan kita dapatkan dengan membaca cerita biografi ini. Sangat menarik untuk dibaca, terutama bagi yang mengagumi sosok beliau. Dengan mempelajari kisah hidupnya, kita akan lebih tahu mengenai karakter dan kepribadian beliau. Sikap beliau memandang cita-cita sungguh menginspirasi.

Oleh Aldi Rahman Untoro
Courtesy to Gina S. Noer
Deskripsi Bibliografi: https://goo.gl/rKs7bf

Foto Fmrc Fia UB.
Search