Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Sinopsis : Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati

Wahyu Aditya merupakan pendiri Hello Motion Academy. Hello Motion Academy telah berdiri sejak tahun 2004, meluluskan lebih dari 2000 siswa. Beliau mendapat penghargaan Best Short Movie dari JiFfest 2004, Wirausaha Muda Mandiri 2008, dan Juara Dunia British Council Young Creative Entrepreneur 2007.

Kreatif merupakan solusi berbagai hal.Negara Jepang mendapatkan lebih dari 1000 triliun setiap tahun hanya dari 4 sektor saja, video, percetakan, musik dan games. Sementara Indonesia pendapatannya 150 triliun tetapi dari 14 sektor, fashion, kerajinan, televisi dan sebagainya, padahal masih banyak peluang yang bisa digali. Contoh dari produk imajinasi yang menjadi visual adalah pokemon. Pokemon telah menghasilkan 150 triliun rupiah sejak diciptakan dan Jepang masih memiliki ribuan stok produk kreatif seperti Pokemon.

Rasa takut adalah musuh terbesar kreativitas. Maka berani mencoba adalah kuncinya. Kita bisa berpikir terbalik untuk memulai kreativitas. Apakah tahap awal dari berkarya? Jawabannya adalah meniru karya terlebih dahulu. Meniru untuk berlatih, tidak ada salahnya meniru. Meniru bukan plagiat, tetapi meniru mengamati dan melakukannya dengan cara dan hasil yang berbeda. Bagaimana caranya agar kreatif? Cara mudahnya dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri. Pertanyaan bagaimana kalau..

Keterbatasan merupakan tantangan, tetapi memunculkan kreativitas. Keterbatasan tidak harus dimusuhi, tetapi harus dirangkul. Di dalam buku ini juga membahas mengenai introvert. Apakah introvert itu tidak bisa berhasil? Tentu saja bisa, introvert dan ekstrovert memiliki kelebihan masing-masing. Kreatif adalah ketika kita mampu untuk mengurai sesuatu yang ada menjadi bentuk yang baru dan berbeda.

Buku ini memiliki banyak kelebihan, colorful, menarik, bersifat informatif. Kertas-kertas di dalamnya penuh gambar dan coret-coretan. Ditunjang dengan penjelasan yang komunikatif. Sangat cocok dibaca untuk menambah wawasan, dan memulai menjadi orang yang kreatif. Dengan membaca buku ini, kita akan dibertahu cara agar menjadi seseorang yang kreatif. Mengutip kata-kata mengenai kreativitas dari buku ini.“Kreatif adalah memikirkan hal-hal baru. Inovasi adalah melakukan hal-hal baru.” – Theodore Levitt
“Tidak ada karya yang tiba-tiba muncul. Karya kreatif selalu berawal dari karya yang pernah ada sebelumnya”. – Sir Joshua Reynolds

Oleh Student Employment Fmrc Fia UB : Aldi Rahman Untoro
Courtesy to : Wahyu Aditya
Buku ini dapat diakses di link berikut : http://fia.ub.ac.id/lama/katalog/index.php…

Search