Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

User of the Month FMRC bulan Desember 2017

Halo smart people ?? User of the Month Desember 2017 merupakan user ke-10 yang terpilih. Tak terasa tahun akan berganti. User kali ini begitu spesial. Beliau merupakan dosen FIA dan ketua Program S3, Prof. Soesilo Zauhar. Prof. Dr. Soesilo Zauhar, M.S. merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi. Beliau lulus S1 FKK Administrasi Negara Universitas Brawijaya, S2 UGM dan S3 UNPAD dengan bidang ilmu yang sama. Pada awalnya, pendirian ruang baca dimulai dengan dibukanya ruang baca khusus untuk S3. Nama Fadel Muhammad Resources Center sebagai bentuk apresiasi kepada Bapak Fadel Muhammad sebagai donatur awal, yang telah membantu menyumbangkan banyak komputer, jurnal dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Saat ini FMRC telah sesuai dengan kaidah perpustakaan, seperti halnya klasifikasi, karena dulu belum ada hal yang demikian. Selain itu, untuk pengembangan FMRC telah mendapat anggaran dana setiap tahunnya dari pihak dekanat. Seperti halnya perpustakaan lain, bahwa FMRC membutuhkan sumber daya manusia yang concern di dunia perpustakaan.

Seseorang yang cinta perpustakaan, cinta dengan buku, serta senantiasa berkomitmen dalam mengabdi melayani orang lain dengan memenuhi kebutuhan informasinya. Perpustakaan merupakan jantung universitas maupun fakultas, karena perpustakaan memiliki informasi yang menjadi asupan bagi mahasiswa dalam menunjang pembelajarannya. Di luar negeri, kantin hanya ramai pada saat jam makan siang, sementara perpustakaan selalu ramai. Seharusnya seperti itu, perpustakaan lebih ramai daripada kantin. Ruang baca sebagai simbol fakultas atau center of excellent.

Harapannya dengan luasnya perpustakaan dapat menyimpan, memanage buku yang lama maupun buku klasik. Karena berapa pun umur dari sebuah bahan pustaka, ia tetap mengandung informasi yang berguna bagi pencarinya Penulis buku, “Reformasi Administrasi” ini mengatakan bahwa visi misi tujuan dari sebuah perpustakaan harus dijadikan sebagai pedoman pengembangan sebuah perpustakaan. Seorang kepala perpustakaan harus memiliki visi yang akan dicapai selama masa kepemimpinannya, tentu saja sejalan dengan visi dan misi perpustakaan. Sebuah hal yang baik apabila seorang kepala perpustakaan mengundang beberapa orang yang paham mengenai dunia perpustakaan dan mencintai buku, menghadiri sebuah forum diskusi dalam merumuskan apa yang sebaiknya dilakukan, persoalan apa yang sedang dan akan kita hadapi, dan hal lain guna perkembangan perpustakaan ke arah yang lebih baik.

Terima kasih kepada Bapak Prof. Soesilo Zauhar MS. yang telah bersedia kami wawancarai. Saran dan pendapat beliau mengenai FMRC, akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami ke depannya.

Oleh Anggitto Suryo Hadi (Volunteer) Hawariyana Utami (Volunteer) Aldi Rahman Untoro (SE)

Search