Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Sinopsis Foundations Of Library And Information Science

Salah satu koleksi buku baru FMRC FIA UB 2016 : Foundations Of Library And Information Science

http://fia.ub.ac.id/lama/katalog/index.php…

Banyak perkembangan telah terjadi pada edisi buku terakhir ini. Hari ini profesional informasi (pustakawan, arsiparis, kurator digital, data analis, rekod manajer dan lain-lain) mengalami tantangan yang semakin terlihat baik dari aspek perubahan teknologi, politik, dan ekonomi, begitu juga pengguna perpustakaan dan informasi pada umumnya.

Bahasan buku ini membedah lebih dalam batas-batas penciptaan pengetahuan, akuisisi, organisasi, penyebaran, penggunaan, dan evaluasi, dan tantangan baru dalam ranah informasi.

Demikian pula tantangan profesional informasi dilihat dari lingkungan yang berubah cepat mulai populasi yang semakin heterogen, internet di mana-mana dan berkembang, proliferasi media sosial serta perangkat mobile, tekanan keuangan yang signifikan pada lembaga-lembaga publik, dan kebijakan informasi mengubah mempengaruhi pencipta serta distributor pengetahuan dan informasi. Profesional Informasi dituntut untuk adaptif, terus belajar, dan berpikiran terbuka.

Edisi baru dari buku Rubin ini menawarkan dasar yang melekat kuat akan sifat interdisipliner pada Ilmu Perpustakaan dan Informasi, sekaligus bimbingan pengetahuan mendasar bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta para profesional informasi. Menanggapi banyak perubahan yang terjadi baik di lapangan dan di masyarakat pada umumnya, buku teks ini meliputi cakupan yang luas mengenai :

• Sejarah dan misi perpustakaan, dari masa lalu sampai sekarang;
• Perangkat digital, jejaring sosial, dan teknologi lainnya;
• Dampak penerbitan digital di industri penerbitan dan efek eBook di perpustakaan, nilai-nilai dan etika profesi;
• Evolusi bidang layanan perpustakaan seperti referensi virtual, embedded librarianship, akses digital dan repositori, preservasi digital serta keterlibatan masyarakat terhadap informasi dan lembaga informasi;
• Upaya baru dan berkelanjutan dalam mengorganisasi pengetahuan, seperti metadata, FRBR, RDA, RDF, BIBFRAME, Semantic Web, Interoperabilitas, Big Data, dan katalog generasi baru (Katalog 2.0);
• Kesenjangan digital dan kebijakan yang terkait dengan akses informasi, broadband dan netralitas jaringan;
• Konsep kebebasan intelektual, dan bagaimana hasilnya nanti di dunia nyata;
• Perkembangan hukum seperti interpretasi baru dari hak cipta yang berkaitan dengan digitalisasi massa buku (Google Books), artikel ilmiah dan plagiarisme;
• Bahasan mendalam pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi; dan
• Inisiatif integrasi antara perpustakaan, arsip, dan museum (LAM’S)

Di dalamnya juga mencakup semua jenis perpustakaan mulai publik, akademik, sekolah, dan khusus. Buku ini menerangi aspek utama dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi khususnya bagi calon profesional serta mereka yang sudah berada di dunia profesi informasi.

Deskripsi Bibliografis

 

Search