Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Kuliah Pelayanan Publik dalam buku?

  • Berita

BOOK TIME!!!
Judul Buku: Public Service (Tinjauan Teoritis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik)
Penulis: M. Chazienul Ulum
Penerbit: UB Press
Tahun Terbit: 2018

Kuliah Pelayanan Publik dalam buku?
Oleh: Diah Lutfiani (Student Employee)

Melihat judul buku ini sudah menimbulkan persepsi awal ‘ini pasti buku ajar mata kuliah’, hal ini tidak sepenuhnya terbantahkan karena memang mirip-mirip nama mata kuliah untuk program studi administrasi publik. Buku ini memuat tiga bagian utama; pengantar, teori seputar administrasi publik, dan isu-isu strategis dalam pelayanan publik. Saya menjadi tidak begitu yakin bahwa buku ini merupakan buku ajar. Ciri utama dari buku ajar adalah konten yang langsung mengarahkan pada suatu metode pengajaran, dan lagipula ini buku besutan UB Press. Apabila memang buku ajar, terbitan dari UB Press akan selalu menyematkan kata ‘Buku Ajar’ ada judul bukunya.

Saat membaca buku ini setiap kalimat yang terbaca terasa seperti sebuah kuliah. Penulis menggunakan kata-kata yang kekinian seperti “boleh jadi esensi disrupsi adalah destruksi yang kreatif”, kemudian tiba-tiba menjadi puitis “sebagai konsekuensinya, terjadi senjakala streetlevel bureaucracy sebagai garda pelayanan publik yang berada pada frontline”. Hal ini jarang ditemukan pada karya-karya buku jenis monograf yang diterbitkan oleh UB Press. Terdapat juga kata “merenungpikirkan” pada paragraf 4 di halaman 106, penulis seperti berusaha keras membuat pendapat yang ia ungkapkan pada buku ini bisa membuat gambaran terarah bagi pembaca dari yang dicontohkannya. Usaha tersebut dapat dikatakan berhasil karena mempermudah pemahaman dan contoh serta kasus yang diasajikan sangat kekinian serta hangat diperbincangkan.

Bab pada buku ini berada dibawah lingkup bagian isi buku. Pada bab 2 mengenai konsep pelayanan, penjelasan konsep terasa sangat singkat. Satu-satunya asumsi yang bisa menjelaskan adalah letak bab ini yang berada pada bagian pengantar. Cara memaknai konsep dijelaskan oleh penulis langsung melalui bagaimana bentuk pelayanan publik.
Secara keseluruhan buku ini sangat bisa digunakan untuk mengakomodir kebutuhan kebaharuan isu dan permasalahan dalam pelayanan publik. Sesuai dengan tujuan penulis yang disampaikan di prakata buku “buku ini ‘dihadirkan’ yang berupaya mengupas tuntas pelayanan publik secara umum, baik tinjauan teoritis, maupun isu-isu strategis mutakhir pelayanan publik”. Pembaca juga bisa mengetahui beberapa teori pelayanan publik yang biasa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pelayanan publik paling relevan dari penulis. Sangat membantu membangut pemahaman dan memperluas pengetahuan mengenai pelayanan publik.

Search