Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Tips Meraih Skor IELTS 7.0

  • Berita

Smart People FIA UB pasti penasaran bagaimana caranya supaya skor IELTS bisa memuaskan? FMRC FIA UB kali ini berbagi Tips Meraih Skor IELTS 7.0 Saat Test Berlangsung. Selain saat persiapan, saat test berlangsung juga diperlukan trik jitu juga agar bisa meraih skor IELTS yang tinggi.

Berikut tips-tips untuk meraih IELTS 7.0 saat test berlangsung yang bisa kamu terapkan saat Anda menghadapi test IELTS nanti.

[ Saat sesi listening ]

Untuk membiasakan telingamu dengan pronounciation IELTS tidak ada cara lain kecuali dengan sesering mungkin latihan. Tipsnya adalah sebelum mendengarkan, bacalah sekilas soalnya terlebih dahulu, sehingga kamu bisa memprediksi konteks dari rekaman suara yang akan Anda dengarkan.

[ Saat sesi reading ]

Musuh utama dari reading adalah tekanan waktu yang sangat terbatas. Tiap satu bacaan biasanya ada 13 pertanyaan yang terbagi menjadi 3 section. Agar hemat waktu, yang pertama kali Anda lakukan adalah baca judul teks dan kalimat pertama pada setiap paragraf untuk mengetahui secara umum isi dari bacaan tersebut. Teknik ini disebut skimming.

Kedua, baca semua pertanyaan terlebih dahulu dan temukan bahwa beberapa pertanyaan saling berkaitan. Sering kali, pertanyaan pertama pada section kedua dan pertanyaan pertama pada section ketiga saling berkaitan.

Ketiga, baca setiap paragraf dengan seksama, kata demi kata, kalimat demi kalimat sambil mengingat pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda baca sebelumnya. Teknik ini disebut scanning. Nah, dari beberapa kalimat yang sudah Anda baca, Anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan yang tidak berurutan sekaligus. Dan seterusnya sampai paragraf terakhir. Metode ini jauh lebih hemat waktu daripada metode menjawab pertanyaan secara urut sesuai nomor pertanyaan.

[ Saat sesi writing ] Menulis dengan grammar yang 100% benar, yang ditulis sesuai dengan data yang disajikan dan jumlah kata sesuai dengan yang diminta saja tidak cukup. Tambahkan ide dengan stuktur kalimat yang lebih beragam dengan pilihan vocabulary yang beragam. Tidak monoton. Syukur-syukurnya kalau bisa menggunakan kata-kata mutakhir secara tepat.

Karena test IELTS terbagi jadi 2 sesi. Untuk task writing yang kedua, Anda akan dapat skor yang tinggi kalau kamu mampu menuangkan pikiran kritis Anda.

[ Saat sesi speaking ] Saat sesi speaking berlangsung, selalu ingat kalau dalam bahasa Inggris ada bentuk lampau, present, dan future yang bentuk bahasanya berbeda.

Dengan skor IELTS tinggi, pasti jalan Anda akan lebih mudah. Mau cari beasiswa ke luar negeri? Bisa! Mau bekerja di perusahaan multinasional? Bisa! Mau melamar ke universitas top yang jadi impian? Bisa!

Bagikan tips ini kalau Anda merasa mendapatkan manfaat. ?? ..

Search