Bahasa Inggris Bahasa Indonesia (0341) 553737 Selamat Datang di Website Official FMRC FIA UB

Resensi Buku Media Pembelajaran

Tujuan dari proses belajar mengajar adalah sebuah pengetahuan dapat tersampaikan, terserap, dan tersalurkan dengan baik kepada peserta didik. Ada 2 hal yang sangat krusial disini, yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Metode mengajar yang dipilih oleh tenaga pendidik akan berpengaruh terhadap jenis media pembelajaran yang akan digunakan. Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran mempunyai peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk dari media pembelajaran semakin berkembangan dan bervariasi. Mulai dari media panjang seperti papan tulis, papan pameran hingga bentuk perkembangan berikutnya seperti proyektor transparansi, rekaman audio-tape, slide, film dan video, televisi, hingga komputer. Beragamnya jenis media pembelajaran tersebut mengharuskan seorang tenaga pendidik mampu mengenali dan memanfaatkan dengan baik media apa saja yang bisa dipilih dan digunakan dalam menunjang proses transfer pengetahuan yang dilakukan kepada peserta didik. Selain piawai dalam menggunakan, tenaga pendidik juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan.

Buku ini berisi sebuah metode atau teknik pengajaran yang mengulas jenis-jenis media pembelajaran dengan masing-masing karakteristik yang dimiliki. Tujuan dari buku ini adalah memaparkan dengan baik kepada tenaga pendidik untuk memahami dan menggunakan media pendidikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati peserta didik.

Penulis yang notabennya merupakan seorang Professor yang sangat popular di kalangan mahasiswa yang mempelajari ilmu pendidikan, Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA., sudah menerbitkan

karyanya ini sejak tahun 1996 dan terus mengalami perkembangan dan perbaikan hingga sekarang. Buku ini disusun secara sistematis, dimana sebelum pembaca dihadapkan pada bacaan pengenalan media terlebih dulu penulis membuka wawasan pembaca dengan menyuguhkan fungsi dan manfaat dari penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Sehingga setiap orang yang membaca buku ini akan tahu dengan luas seperti apa pentingnya penggunaan berbagai media pembelajaran yang dapat membantu perperlancar para siswa untuk memahami dan mengingat materi, mengapa? Karena seperti halnya yang ada pada salah satu penjelasan di dalam buku ini bahwa media akan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa yang tentunya akan sangat membantu dalam hal mengingat.

Seorang tenaga pendidik harus mampu menganalisis dan memilih media apa yang cocok digunakan untuk peserta didik. Hal tersebut dapat disesuaikan dari kebutuhan materi yang disampaikan, tujuan yang ingin dicapai, dan siapa yang menjadi peserta didik. Oleh karena itu, disini juga disebutkan secara mendetail satu persatu dari jenis media pembelajaran yang ada mulai dari media berbasis manusia, cetakan, visual, audio visual, komputer dan interactive video, Powerpoint, hingga internet. Dimana masing-masing media dipaparkan lengkap dengan karakteristik, kelebihan, kekurangan bahkan cara-cara mengaplikasikannya. Namun, di dalam buku ini ada sedikit kurang konsisten dalam penyajian warna gambar, diamana ada beberapa bagian yang ditampilkan dengan hitam-putih saja sedangkan ada beberapa halaman lain yang memuat gambar dengan warna. Buku ini sangat cocok dan rekomendasi untuk dijadikan litertaur oleh para tenaga pendidik dan mahasiswa yang sedang mendalami ilmu pendidikan. Sebagai seorang mediator ilmu pengetahuan seorang tenaga pendidik harus mampu mengenali jenis materi yang ingin disalurkan dan memilih jenis media yang sesuai untuk digunakan. Karena tidak hanya secara teori penulis juga memaparkan praktik secara langsung berbagai media pembelajaran akan seperti apa jika diterpakan secara langsung. (Volunteer FMRC FIA UB / Ulfy Najminaul Wana)

Courtesy to : Azhar Arsyad , Buku ini tersedia disini

http://fia.ub.ac.id/lama/katalog/lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/media.jpg.jpg&width=200

Search