Penelitian

Penelitian adalah suatu usaha atau cara yang sistematis untuk menyelidiki masalah tertentu dengan tujuan mencari jawaban dari masalah yang diteliti dilakukan secara ilmiah. Purwanto (2010:163) mendefinisikan “Penelitian adalah cara penemuan kebenaran atau pemecahan masalah yang dilakukan secara ilmiah”. Dalam penelitian ada tiga syarat penting yang harus dimiliki yaitu, penelitian harus sistematis, penelitian harus terencana, dan penelitian harus mengikuti konsep ilmiah.

Manfaat penelitian bagi peneliti memiliki keunggulan tersendiri yang membuat peneliti tidak berhenti untuk melakukan riset. Penelitian merupakan aktifitas yang membutuhkan proses investigasi untuk suatu objek. Proses investigasi akan dilakkan secara aktif dan sistematis untuk dapat menemukan hal baru, melakukan penyelidikan, atau melakukan perbaikan dari suatu fakta.

Setiap tahun RCCP FIA UB menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dilakukan oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.