Diskusi Panel Sesi 1
  • SEMINAR

 

Pembicara 1       : Joko Galungan (Large Tax Office Representative)

Durasi                : 30 menit

Materi                :

International Taxation Overview

Sesi ini akan membahas mengenai ruang lingkup perpajakan internasional, asas perpajakan internasional, internasional double taxation, dan kebijakan terkait upaya pencegahan pajak berganda. Selain itu, akan dipaparkan mengenai isu-isu terbaru terkait tax treaty, permanent establishment, beneficial ownership, treaty shopping, tax heaven countries, dan permasalahan-permasalahan lainnya dalam perpajakan internasional. Sesi ini juga akan membahas mengenai international tax planning (tax avoidance dan tax evasion) dalam konteks perpajakan internasional dari sudut pandang pemerintah. Peserta setelah sesi ini berakhir diharapkan dapat memahami konsep perpajakan internasional, memperoleh informasi mengenai isu-isu atau permasalahan terbaru dalam perpajakan internasional, dan kebijakan yang dikembangkan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

BEPS and Transfer Pricing Landscape Globally

Sesi ini akan membahas mengenai latar belakang terjadinya transfer pricing, arah perkembangan praktek transfer pricing di dunia saat ini, aspek perpajakan dalam transfer pricing, perbedaan United Nations dan OECD practical manual on transfer pricing, Mutual Agreement Procedure (MAP), Advance Pricing Agreement (APA), transfer pricing documentation, konsep dan dampak Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) bagi perpajakan suatu negara. Sesi ini juga akan membahas isu-isu yang sedang berkembang terkait transfer pricing, pengukuran arm`s length (penentuan harga wajar) dari sudut pemerintah, BEPS, dan regulasi yang dikembangkan pemerintah dalam menangani masalah transfer pricing dan BEPS. Peserta setelah sesi ini berakhir diharapkan memperoleh pemahaman mengenai praktek transfer pricing dan BEPS beserta isu-isu terbaru dan kebijakan pemerintah dalam merespon isu-isu terkait transfer pricing dan BEPS tersebut.

 

Pembicara 2       : Prasetyono Hendriarto (Cross Border Transactions Manager of PT. Adaro

                               Energy)

Durasi                : 30 menit

Materi                :

Transfer Pricing Practice in Corporate Sector

Sesi ini akan membahas mengenai praktek transfer pricing dari sisi pelaku usaha yang antara lain mengenai motivasi pelaku usaha melakukan transfer pricing, keputusan manajemen dan risiko transfer pricing, perencanaan kebijakan manajemen perusahaan terkait transfer pricing, implementasi dan dokumentasi kebijakan transfer pricing perusahaan, manajemen resiko transfer pricing perusahaan, dan pengukuran Arm`s Length (penentuan harga wajar) dari sudut pandang manajemen perusahaan. Selain itu, juga akan dibahas transaksi-transaksi dalam perusahaan yang terkait dengan aspek perpajakan internasional dan transfer pricing. Peserta setelah sesi ini berakhir diharapkan memperoleh informasi yang utuh mengenai praktek dan permasalahan transfer pricing dari sudut pandang manajemen perusahaan

 

 

Career Prospect in Corporate Market

Sesi ini akan membahas mengenai peluang dan prospek lulusan prodi perpajakan dalam dunia kerja khususnya pada sektor swasta, kemampuan yang dibutuhkan baik hardskill maupun softskill, serta tingkat persaingan lulusan prodi perpajakan dalam dunia kerja. Sesi ini memberikan wawasan tambahan bagi para peserta terkait profesi-profesi di bidang perpajakan khususnya di sektor swasta dan prospeknya bagi para lulusan prodi perpajakan.

 

Diskusi Panel Sesi 2

 

 

Pembicara 3       : Dr. Kadarisman Hidayat (Head of tax Administration Department)

Durasi                : 30 menit

Materi                :

Academic Research on Transfer Pricing Study and Publication

Sesi ini akan menjelaskan mengenai perkembangan tema atau topik-topik, alat analisis, metode analisis, kebutuhan dan ketersediaan data penelitian dalam bidang perpajakan internasional khususnya yang terkait dengan transfer pricing. Selain itu, sesi ini akan membahas mengenai peluang publikasi penelitian dengan tema transfer pricing, baik pada jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terakreditasi. Sesi ini juga akan membahas isu dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi peneliti dalam melakukan penelitian dan publikasi penelitian dengan tema transfer pricing. Peserta seminar melalui sesi ini diharapkan memperoleh informasi mengenai peluang dan perkembangan penelitian serta publikasi penelitian bertema transfer pricing.

 

Pembicara 4       : Mr. Risya (Head of tax Administration Department)

Durasi                : 30 menit

Materi                :

Utilizing Osiris Database for Transfer Pricing Research and Publication

Sesi ini akan membahas mengenai penggunaan Osiris database dalam mensupport penelitian dan publikasi penelitian dengan tema transfer pricing. Peserta akan diperkenalkan mengenai Osiris database yang meliputi jenis-jenis data yang tersedia, operasional penggunaan Osiris database, fitur-fitur pelengkap Osiris database yang dapat digunakan dalam penelitian di bidang perpajakan internasional khususnya mengenai transfer pricing.

 

Materi dapat diunduh pada link di bawah ini:

  1. TP Practice in Corporate Sector and Career Prospect by Mr. Prasetyono
  2. Utilizing Business Intelligence Solution for Transfer Pricing Analysis
  3. Academic Research on Transfer Pricing Study and Publication
  4. International Taxation Overview