Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran

Peserta program studi S1 Perpajakan berasal dari lulusan sekolah menengah baik umum (SMU), kejuruan (SMK) dan yang sederajat untuk berkarir di bidang perpajakan.

Program studi S1 Perpajakan diharapkan bermanfaat :

  1. Bagi Masyarakat.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berupa tenaga ahli di bidang perpajakan.

  1. Bagi Pemerintah.

Berperan serta dalam usaha peningkatan pendapatan Negara berupa pajak melalui pengembangan sumber daya manusia di bidang perpajakan dan sebagai mitra pemerintah dalam usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pajak.

  1. Bagi Dunia Usaha.

Sebagai mitra dunia usaha

  1. Bagi Lembaga.

Untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lembaga secara nasional dan internasional.

Sasaran lain yang tidak kalah penting adalah pengguna lulusan. Sasaran ini dapat dicapai karena fasilitas dan tenaga pengajar yang mumpuni. Sebagai program studi baru, prodi perpajakan mampu menyediakan fasilitas dan tenaga pengajar selain rekruitmen tenaga pengajar yang dilakukan terus menerus dengan standar yang telah ditetapkan. Peningkatan kapasitas tenaga pengajar/dosen dilakukan terus menerus seiring dengan kebijakan fakultas dan universitas dimana Universitas Brawijaya telah memberlakukan kebijakan bahwa tenaga pengajar yang belum bergelar magister atau doktor dan berusia di bawah 35 tahun wajib melanjutkan studi di luar negeri. Doktor lulusan dari dalam negeri wajib mengikuti program home stay selama 3 bulan di luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya berbahasa Inggris dan menulis di jurnal internasional. Bagi guru besar yang bahasa inggrisnya belum bagus wajib mengikuti program recharging di luar negeri untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan meng-up date serta memperbaharui dan meningkatkan kemampuan teoritik dan metodologi sehingga setiap guru besar berhasil menulis di jurnal internasional.

Dalam bidang kemahasiswaan, Prodi Perpajakan yang menjadi satu dengan FIA UB selalu berupaya untuk meningkatkan soft skill mahasiswa melalui berbagai penyediaan pelatihan dan pengetahuan tambahan; misalnya: pelatihan kepemimpinan (leadership), kewirausahaan (entrepreneurship), perencanaan bisnis (business plan), dan lain-lain. Dengan cara ini, bekal mahasiswa untuk memasuki dunia kerja tidak hanya cukup dengan kemampuan hard skill di bidangnya tetapi ditunjang pula oleh pengetahuan tambahan yang memungkinkan untuk bersaing secara komparatif dan kompetitif dalam mendapatkan pekerjaan. Kegiatan khusus kemahasiswaan dimulai dengan berdirinya Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Perpajakan dan selain itu juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan tax center.

Strategi pencapaian

Penetapan dan penerapan visi, misi, tujuan dan sasaran memerlukan strategi agar tujuan dapat diperoleh dengan baik. Strategi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan sosialisasi visi, misi PS Perpajakan kepada pemangku kepentingan secara luas.

  2. Melakukan inovasi dalam berbagai aspek untuk merespon tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat.

  3. Membuat dan memperbaiki rencana strategis yang mampu menjawab tujuan visi dan misi

  4. Mempertahankan kepemimpinan kolegial dengan interaksi maupun komunikasi secara kelembagaan yang baik, sehingga tercipta sebuah tata kelola yang efektif dan efisien.

  5. Penataan tata pamong dan kelembagaan Prodi Perpajakan, sehingga tata kelola Prodi Perpajakan FIA UB dapat dijadikan sebagai contoh best practice dari Prodi yang sejenis di Indonesia.

  6. Mendorong dosen di Prodi Perpajakan FIA UB untuk melakukan studi lanjut untuk memperkuat wawasan dan kompetensi akademik

  7. Merekrut dosen baru yang berkualitas dan mempunyai kualifikasi akademik yang relevan.

  8. Desentralisasi anggaran dari Jurusan kepada Prodi guna mendukung percepatan implementasi program yang telah dirancang.

  9. Memberikan motivasi bagi dosen yang kurang aktif terlibat dalam pengembangan Prodi Perpajakan untuk berpartisipasi secara aktif demi kemajuan lembaga.

  10. Melakukan kolaborasi dengan professional dibidang perpajakan untuk mengembangkan Prodi Perpajakan, sehingga dapat dijadikan benchmark bagi Perguruan Tinggi lain yang berkompeten untuk membuka Prodi sejenis.

  11. Mengirimkan dosen PS Perpajakan untuk mendapatkan sertifikasi professional yang dapat mendukung pengayaan terhadap muatan yang bersifat praktis.

  12. Memberikan peluang kepada mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan dan perlombaan baik akademik maupun ekstrakurikuler.

  13. Meningkatkan kualitas kelembagaan dan memberikan pelayanan yang baik bagi stakeholders

  14. Memberikan tambahan keahlian kepada mahasiswa terutama yang berkaitan dengan bidang perpajakan atau keahlian lain yang dibutuhkan ketika bekerja.

  15. Meningkatkan jumlah dosen untuk mempresentasikan karya-karya ilmiahnya di seminar atau konferensi bersakala nasional dan internasional baik didalam maupun diluar negeri yang relevan.

  16. Meningkatkan kemampuan dan jumlah dosen dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah atau jurnal penelitian di jurnal-jurnal terakreditasi nasional dan jurnal-jurnal internasional maupun dalam bentuk buku.

  17. Melakukan penyesuaian kurikulum secara rutin dan berkala guna memelihara dan meningkatkan relevansi.

  18. Terus memelihara dan meningkatkan kualitas hubungan jaringan dengan institusi-institusi yang telah bekerjasam selama ini dan institusi-institusi yang akan ikut bekerjasama dalam hal pengembangan kurikulum.

  19. Menyelenggarakan workshop standarisasi kurikulum untuk semua pengelola PS Perpajakan di semua jenjang.

  20. Membuka prodi S2 dan S3 Perpajakan.

  21. Peningkatan kemampuan dosen dalam hal penguasaan TI yang terbaru sesuai dengan perkembangan jaman.

  22. Memperdalam kajian-kajian perpajakan dengan mengundang pakar yang mumpuni baik akademisi maupun praktisi.

  23. Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasaranayang telah ada.

  24. Memanfaatkan tax center secara optimal untuk lebih memperkenalkan PS Perpajakan kepada masyarakat luas.

  25. Adanya pengusulan kepada pihak fakultas untuk mencairkan dana yang memadai sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi, kerusakan dan keusangan alat pembelajaran.

  26. Menentukan prioritas topik penelitian bidang perpajakan yang kompetitif.

Sosialisi

Pada setiap penerimaan mahasiswa baru perpajakan, visi, misi dan tujuan program studi disampaikan kepada mahasiswa melalui acara orientasi pendidikan, pemberian arahan ini dilakukan oleh semua dosen.

Situs ub.ac.id mencakup semua aktivitas di dalam lingkup universitas termasuk Fakultas Ilmu Administrasi khususnya program studi perpajakan. Dalam situs tersebut yang beralamat pada fia.ub.ac.id/perpajakan terdapat visi, misi dan tujuan program studi perpajakan. Visi dan Misi prodi perpajakan juga membuat tulisan visi yang ditempel di dinding sehingga bisa dibaca oleh setiap orang termasuk tenaga kependidikan.