Mahasiswa Malaysia Ikuti Magang Internasional di FIA UB

18/11/2015 aulialuqmanaziz Berita

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menggelar “International Internship” pada Kamis (12/11) hingga Senin (16/11). Dalam kegiatan magang ini, sebanyak 20 orang mahasiswa Universiti Utara Malaysia (UUM) berkesempatan memelajari seluk-beluk dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di FIA UB. Acara ini diawali dengan “Opening Ceremony” yang dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas serta seluruh peserta magang yang didampingi oleh tiga orang dosen pembimbing.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Jurusan Administrasi Publik Dr. Choirul Saleh, M.Si menyambut gembira kedatangan para peserta magang dari UUM. Menurutnya, acara ini merupakan tindak lanjut nyata dari kerjasama yang telah terjalin sejak lama antara FIA UB dengan UUM. Choirul berharap seluruh peserta magang mendapatkan manfaat yang bermakna selama menjalani magang di Indonesia. “Jika beberapa waktu yang lalu mahasiswa kami yang melakukan magang di UUM, maka kini giliran kami menjadi tuan rumah untuk adik-adik mahasiswa UUM. Mudah-mudahan ke depan kerjasama kita akan makin erat,” ujar dosen Administrasi Publik ini.

Sementara itu, Dr. Nira Hariyatie Hartani selaku dosen pembimbing mahasiswa UUM mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya program magang internasional ini. Ia sangat berkesan dengan sambutan yang diberikan pihak FIA UB kepada rombongannya sejak pertama mendarat di Indonesia. “Kami sangat terkesan dengan sambutan FIA UB kepada kami. Kami juga senang mendapatkan akomodasi di lingkungan kampus yang sekelas hotel serta makanan yang enak-enak,” ujarnya dalam logat khas Melayu.

Selama di Indonesia, para peserta magang dari UUM akan diajak untuk mencicipi dunia pendidikan di Universitas Brawijaya. Di antaranya dengan mengikuti perkuliahan di FIA UB, berkunjung ke beberapa unit akademik di lingkungan UB, serta melakukan studi lapangan dengan berkunjung ke beberapa tempat di Malang Raya untuk memelajari langsung kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

 

Tim Liputan:

Artikel: Aulia Luqman Aziz