Workshop Kurikulum Inti Administrasi Publik/Negara se-Indonesia

25/07/2017 aulialuqmanaziz Berita

Selama dua hari berturut-turut, sejak Jumat (21/7) hingga Sabtu (21/7), para ketua program studi ilmu administrasi publik/negara se-Indonesia berkumpul di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (UB). Mereka yang tergabung di dalam Indonesian Association of Public Administration (IAPA) itu hadir dalam rangka mengikuti “Workshop Kompetensi Inti Administrasi Publik/Negara & Sosialisasi Program Universitas Membangun Desa”. Kegiatan itu diselenggarakan dengan tujuan untuk mendiskusikan kompetensi inti apa yang harus dimiliki oleh setiap lulusan program studi administrasi publik/negara. Kegiatan yang berpusat di Aula Gedung A FIA UB Lantai 4 itu juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) IAPA Prof Dr Eko Prasojo.

Prof Dr Eko Prasojo memberikan sambutan

Dalam sambutan pembukanya, Dekan FIA UB Prof Dr Bambang Supriyono MS menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting maknanya karena perkembangan ilmu administrasi sangat dinamis. Selain itu, Dekan juga mengapresiasi langkah IAPA yang berinisiatif menyelenggarakan program “Universitas Membangun Desa”. Dekan berharap kegiatan ini dapat mendukung program pemberdayaan desa sesuai amanat undang-undang. “Undang-undang mengamanatkan terbentuknya pemerintah desa dan masyarakat desa yang mandiri. Maka kita sebagai akademisi perlu turut serta dalam menyukseskan tujuan tersebut,” ujar Dekan.

Sementara itu, Ketua DPP IAPA Prof Dr Eko Prasojo menyampaikan rasa syukurnya karena kegiatan ini dapat dihadiri oleh 49 program studi dari 68 jumlah anggota IAPA. Menurut mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara itu, kehadiran mayoritas anggota IAPA tersebut sangat penting sebab ada tren-tren dunia yang harus diperhatikan di dalam kompetensi inti ke depan. Di antaranya adalah isu perubahan demografi penduduk dunia dan perubahan kutub pembangunan ekonomi dari Barat ke Timur dengan Tiongkok sebagai porosnya. “Untuk itu, 15 mata kuliah wajib yang akan dibahas dalam forum ini harus bisa merangkul isu-isu penting dunia itu,” ujar Dekan FIA UI ini.

Dr Hermawan (dua dari kanan) menandatangani berita acara pengukuhan, disaksikan oleh Prof Dr Eko Prasojo (kiri)

Acara pembukaan workshop diselingi dengan penampilan Tari Topeng yang dibawakan dengan apik oleh para mahasiswa FIA UB. Setelah pembukaan oleh Dekan, terdapat pula agenda pengukuhan pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IAPA Provinsi Jawa Timur periode 2017-2020. Dilantik sebagai Ketua untuk periode tersebut adalah Dr Hermawan MSi, dosen FIA UB.