Workshop Kurikulum dan RPS Program Studi S1 Administrasi Bisnis

11/07/2017 aulialuqmanaziz Berita

Program Studi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB), menyelenggarakan “Workshop Kurikulum dan RPS” yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (11-12/7). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka finalisasi kurikulum dan RPS yang akan segera diterapkan untuk tahun ajaran 2017/2018. Selain para dosen di Program Studi Administrasi Bisnis, kegiatan tersebut juga menghadirkan perwakilan dari Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) untuk mendapat masukan seputar kurikulum dan RPS yang sedang disusun.

Prof Dr Bambang Supriyono (tengah) memberikan sambutan pembuka

Dalam sambutan pembukanya, Dekan Prof Dr Bambang Supriyono MS menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting maknanya agar proses pendidikan di Program Studi Administrasi Bisnis dapat terus berjalan ke arah yang lebih baik. Menurut Dekan, kurikulum yang disusun terdiri dari tiga unsur, yakni Corporate Governance, Entrepreneurship, dan Managerial Functions. Dekan berharap agar tiga unsur ini dapat termaktub di dalma RPS yang sedang disusun. “Ketiga unsur ini harus saling berkesinambungan karena kurikulum tidak bisa berdiri sendiri-sendiri,” pungkas Dekan.

Para peserta workshop berfoto bersama

Sementara itu, Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Dr Wilopo MAB menjelaskan bahwa kurikulum dan RPS ini harus segera diselesaikan agar dapat diterapkan di tahun ajaran baru nanti. Menurut Wilopo, tantangan utama dalam penyusunan kurikulum adalah fenomena di lapangan yang senantiasa dinamis, perlu dilakukan langkah-langkah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. “Kita tidak bisa mengubah-ubah kurikulum dengan cepat. Maka harus kita cari titik temu agar kurikulum yang ada dapat menyesuaikan diri dengan perubahan jangka pendek,” ujar Wilopo.