Visitasi AUN-QA untuk Program Studi Ilmu Administrasi Publik

23/08/2016 aulialuqmanaziz Berita

Program Studi Ilmu Administrasi Publik (PSIAP) FIA UB memulai jadwal visitasi untuk mendapatkan akreditasi internasional hari ini, Selasa (23/8). Visitasi dilakukan oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) untuk mengetahui apakah penyelenggaraan pendidikan di PSIAP dan sekaligus di FIA UB benar-benar telah memenuhi standar internasional di tingkat ASEAN. Pada kesempatan ini, pihak AUN-QA diwakili oleh dua orang asesor, yaitu Assoc.Prof. Chavalit Wongse-ek (Mahidol University, Thailand) dan Dr. Julita Robles (De La Salle University, Filipina). Selama dua hari kunjungannya ke FIA UB, keduanya akan bertemu dengan beberapa pihak untuk menanyakan atau mengklarifikasi isi dokumen Self-Assessment Report (SAR) yang telah disusun oleh Tim Task Force yang dibentuk oleh Dekan.

Assoc.Prof. Chavalit Wongse-ek disambut dengan kalungan bunga oleh Dekan

Assoc.Prof. Chavalit Wongse-ek (kiri) disambut dengan kalungan bunga oleh Dekan

Pada hari pertama ini, kedua asesor menghabiskan waktunya untuk beraudiensi dengan pimpinan fakultas yang terdiri dari Dekan, para Pembantu Dekan, Ketua Jurusan Administrasi Publik, dan Ketua PSIAP. Pada kesempatan tersebut, Dekan menyajikan presentasi singkat tentang profil FIA UB yang dilanjutkan dengan tanya-jawab antara asesor dan pimpinan fakultas. Setelah itu, berturut-turut kedua asesor bertemu dengan para dosen yang mengampu mata kuliah di PSIAP, tenaga kependidikan di lingkup FIA UB, dan perwakilan mahasiswa. Usai melakukan tanya jawab dengan tiga pihak tersebut, kedua asesor dengan didampingi oleh pimpinan fakultas mengunjungi beberapa fasilitas pendidikan yang ada di FIA UB.

Pada hari kedua, sesi tanya-jawab akan berlanjut antara kedua asesor dengan alumni dan stakeholders atau pengguna lulusan. Rencananya, PSIAP akan menghadirkan beberapa alumni yang sudah memiliki kiprah di tingkat nasional maupun daerah, seperti Prof. Dr. Mas’ud Said (Staf Ahli Menteri Sosial RI) dan Dr. Idrus (Sekretaris Daerah Kota Malang). Sementara dari kalangan stakeholders, PSIAP mengundang para perwakilan Bappeda se-Indonesia sebagai pengguna langsung alumni PSIAP.