Seleksi Proposal Penelitian DIPA BLU FIA UB 2017

17/07/2017 aulialuqmanaziz Berita

Dalam rangka melaksanakan unsur Penelitian dalam Tri Dharma Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiajay (FIA UB) menggelar “Seleksi Proposal Penelitian” yang akan dibiayai dari DIPA BLU FIA UB tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) FIA UB tersebut berlangsung pada Jumat (14/7) dan bertempat di Guest House UB. Dalam kegiatan itu, sebanyak 16 proposal penelitian melakoni uji kelayakan untuk memeroleh pendanaan penelitian. Keenambelas proposal itu masing-masing terdiri dari 2 proposal untuk skema penelitian dosen pemula, 5 proposal skema percepatan guru besar, dan 9 proposal skema penelitian unggulan.

Salah satu penulis proposal Dr Nilai Firdausi Nuzula sedang mempresentasikan penelitiannya

Membuka jalannya seleksi, Dekan FIA UB Prof Dr Bambang Supriyono MS menekankan proses pembelajaran dari proses seleksi proposal ini. Pihaknya berharap agar ke depan para dosen di FIA UB terus meningkatkan kualitas dalam kegiatan penelitian mereka. “Dengan adanya peningkatan kualitas, saya berharap adanya peningkatan publikasi ilmiah di jurnal nasional maupun internasional,” ujar Dekan.

Reviewer seleksi proposal penelitian Prof Gugus Irianto (kiri) dan Dr Sujarwoto (kanan)

Sementara itu, Ketua BPPM FIA UB Dr Mohammad Nuh MSi menjelaskan adanya dua tahapan yang harus dilalui oleh para peserta. Yakni tahapan Desk Evaluation dan Presentasi Proposal. Menurut Nuh, untuk meningkatkan kualitas proposal, pihaknya menunjuk dosen dari fakultas lain untuk terlibat di dalam kedua tahapan itu agar sisi obyektifitas penilaian lebih baik. “Untuk tahap Desk Evaluation kami meminta Prof Munawar dari FEB untuk menilai kelayakan proposal peserta. Sedangkan pada tahap presentasi proposal, kami mengundang Prof Gugus Irianto PhD juga dari FEB sebagai salah satu asesornya,” terang Nuh.