Pengelola Rumpun Ilmu Informasi Se-Indonesia Bahas Finalisasi KKNI di FIA UB

08/05/2017 aulialuqmanaziz Berita

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menyelenggarakan “Workshop Finalisasi KKNI Rumpun Ilmu Informasi”, Senin (8/5). Acara yang berpusat di Aula Gedung A FIA UB Lantai 4 itu mengundang para dosen dan praktisi di bidang ilmu informasi. Acara itu sendiri terselenggara atas kerjasama Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB dengan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (APTIPI). 

Dalam sambutan pembukanya, Dekan FIA UB Prof Dr Bambang Supriyono MS menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para narasumber dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut. Dekan juga menjelaskan bahwa dirinya sangat percaya bidang ilmu informasi dan perpustakaan ke depan sangat prospektif. Menurut Dekan, ke depan akan banyak lembaga yang memerlukan lulusan-lulusan dari bidang studi ini. “Saat ini hampir tidak ada instansi yang tidak memerlukan ilmu perpustakaan, sehingga saya yakin lulusan program studi ini akan banyak dicari di dunia kerja nanti,” urai Dekan.

Dekan menyampaikan sambutan pembuka

Sementara itu, dalam workshop yang berlangsung selama satu hari penuh hingga malam hari itu, pihak penyelenggara menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten untuk mendiskusikan berbagai hal terkait KKNI rumpun ilmu informasi. Di antaranya adalah Ketua Program Pascasarjana Manajemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Ida Fajar Priyanto PhD, Guru Besar Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) Prof Sulistyo Basuki PhD, Kepala Kantor Arsip UI Anon Mirnami MIM Arc/Rec, dan Ketua Tim KKNI Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Megawati Santoso PhD. Turut hadir juga praktisi dan pengelola perpustakaan perguruan tinggi negeri se-Indonesia.