Minat Bisnis Internasional Gelar Pelatihan Ekspor Impor

13/06/2017 aulialuqmanaziz Berita

Untuk memperkuat posisi alumni di dunia kerja, Minat Bisnis Internasional, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB), menyelenggarakan “Pelatihan Ekspor Impor”. Agenda tersebut berlangsung selama dua hari sejak Senin (12/6) hingga Selasa (13/6) dan bertempat di Aula Gedung A FIA UB lantai 4. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Minat Bisnis Internasional dengan Lembaga Sertifikasi Ekspor Impor Jakarta. 

Suasana Pelatihan Ekspor Impor

Koordinator Minat Bisnis Internasional Dr Mochammad Al Musadieq MBA menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon lulusan dengan sertifikasi untuk masuk ke dunia kerja, khususnya di bidang ekspor dan impor. Menurut Musadieq, agenda pelatihan ini dilaksanakan setiap tahun dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil Minat Bisnis Internasional. Dari hasil pelatihan ini, peserta dipersilahkan untuk melanjutkan dengan mengambil uji kompetensi. “Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan semua materi terkait dengan prosedur ekspor dan impor di Indonesia. Selanjutnya, peserta dapat mengambil uji kompetensi di Jakarta,” ujar Musadieq. 

Kegiatan pelatihan itu sendiri dibimbing langsung oleh dua orang instruktur senior dari Lembaga Sertifikasi Ekspor Impor Jakarta, yakni Drs Hamdani dan Drs Toto Aminoto. Selain menjelaskan tentang materi prosedur ekspor-impor, keduanya juga mengajak peserta untuk berlatih soal yang biasa dikeluarkan pada ujian kompetensi.