Jakarta Marketing Week 2017, FIA UB Perkenalkan Program Kerjasama dengan MarkPlus Inc

10/05/2017 aulialuqmanaziz Berita

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) turut ambil bagian dalam rangkaian Jakarta Marketing Week 2017. Dalam kegiatan yang dihelat oleh MarkPlus Inc dalam rangka memperingati 27 tahun berdirinya itu, FIA UB dipercaya untuk mengisi satu sesi talkshow pada hari terakhir kemarin, Selasa (9/5). Tepat jam 17.00 WIB, Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis Mohammad Iqbal DBA diundang ke atas panggung untuk menyampaikan materi tentang “Higher Education and the Future of Business” kepada audiens yang memadati area sekitar lokasi acara di Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Mohammad Iqbal DBA

Dalam presentasinya, Mohammad Iqbal DBA menekankan pada perubahan dunia ke depan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya, perkembangan teknologi, perkembangan politik kawasan, dan perkembangan sosial ekonomi masyarakat dunia. Untuk menghadapi hal tersebut, lanjut Iqbal, ke depan ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh masyarakat dunia, yakni inovasi dan kewirausahaan, prinsip people, planet, profit, and purpose, serta bakat dan kreativitas. “Ke depan kita tidak lagi menjalankan bisnis yang hanya memikirkan keuntungan, tapi juga harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan keseimbangan alam,” ujar Iqbal.

Mohammad Iqbal memaparkan peran FIA UB dalam masa depan bisnis

Selanjutnya, Iqbal menerangkan bahwa FIA UB, khususnya Jurusan Administrasi Bisnis, dengan visi sebagai salah satu sekolah bisnis (business school) terkemuka di tingkat internasional akan turut ambil bagian dari persiapan sumber daya manusia dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Hal ini, urai Iqbal, ditunjukkan dengan beberapa akreditasi yang telah dan akan diraih oleh jurusannya, seperti AASBI (Asian Association of School of Business International), dan target meraih IACBE (International Assembly for Collegiate Business Education) dan AACSB (Association to Advance Collegiate School of Business) pada kurun 2017-2020. “Kami juga membuka program Doctor of Business Administration in Strategic Marketing kerjasama antara pihak kami dengan MarkPlus Inc. Nanti mahasiswa berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan dosen-dosen terbaik kami plus Pak Hermawan Kartajaya dan staf-staf seniornya di MarkPlus,” ujar doktor lulusan Australia ini.

Sebelumnya, Dekan FIA UB Prof Dr Bambang Supriyono MS juga telah menyampaikan tentang program doktor terbaru ini di hadapan Menteri BUMN Rini S Soemarno dan segenap direksi BUMN se-Indonesia pada even yang sama. Dekan mengundang para pemegang kebijakan di BUMN untuk memperdalam ilmunya tentang Strategic Marketing dengan melanjutkan studi S3 di program ini. “Program ini adalah inisiasi FIA UB dengan MarkPlus Inc yang diresmikan melalui perjanjian kerjasama antara Rektor UB dengan CEO MarkPlus dengan disaksikan oleh Menteri Ristekdikti beberapa bulan yang lalu,” ujar Dekan.